Terima Kunjungan PM Malaysia, Jokowi Bahas Pekerja Migran, Sawit dan Myanmar

- 5 Februari 2021, 15:19 WIB
Presiden Jokowi menerima kunjungan resmi PM Malaysia ke-8 Tan Sri Muhyiddin Yassin, di Istana Merdeka, Jumat 5 Februari 2021 pagi.
Presiden Jokowi menerima kunjungan resmi PM Malaysia ke-8 Tan Sri Muhyiddin Yassin, di Istana Merdeka, Jumat 5 Februari 2021 pagi. /BPMI Sekretariat Presiden/

BERITA SUBANG - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan resmi Perdana Menteri (PM) Malaysia ke-8 Tan Sri Muhyiddin Yassin, di Istana Merdeka, Jumat 5 Februari 2021 pagi.

Mengawali rangkaian penyambutan tampak kendaraan yang membawa PM Malaysia bergerak dari arah Monumen Nasional menuju kompleks Istana Kepresidenan dengan disambut pasukan berkuda dan arak-arakan drum band pasukan Paspampres. Dan dilanjutkan dengan perbincangan di area teras belakang Istana Merdeka.

BACA Juga: PM Malaysia Sambangi Indonesia Bahas Kerjasama Lawan Kampanye Negatif Kelapa Sawit

Presiden Jokowi dan PM Muhyiddin Yasin membahas tentang hubungan bilateral, khususnya terkait pekerja migran, Isu diskrimisani tentang sawit, dan perkembangan politik di Myanmar.

“Saya sangat mengapresiasi dan menghargai atas kerjasama yang sudah terjalin selama ini terkait perlindungan WNI yang ada di Malaysia terutama di masa pandemi, dan saya kembali titipkan WNI di Malaysia kepada pemerintah Malaysia. Kemudian terkait masalah perlindungan pekerja migran Indonesia, saya menekankan pentingnya penyelesaian MoU-MoU baru mengenai penempatan dan perlindungan pekerja domestic Indonesia di Malaysia.” Ucap Jokowi dikutip dari chanel Youtube resmi Sekretariat Presiden hari ini.

BACA Juga: Kelelahan Kerja Tangani Pasien Covid-19, Seorang Dokter di Malaysia Meninggal Dunia

Jokowi juga  menambahkan bahwa kedua negara perlu membangun one channel system  agar masalah penempatan tenaga kerja bisa dilakukan lebih baik lagi. Hal ini juga untuk mencegah terjadinya para pekerja menjadi korban perdagangan manusia.

Isu yang dibahas oleh Presiden Jokowi adalah soal sawit. Ia mengharapkan komitmen Malaysia untuk ikut melawan diksriminasi sawit secara bersama-sama.

Selain itu, Jokowi manyampaikan bahwa Indonesia menyambut baik travel corridor arrangement antara kedua negara.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x