6 Jenis Makanan dan Minuman yang dihindari Saat Terkena Diare

- 13 November 2021, 06:27 WIB
Ilustrasi diare di musim pancaroba.
Ilustrasi diare di musim pancaroba. /Ilustrasi diare di musim pancaroba.


BERITA SUBANG - Diare merupakan kondisi yang dapat menyerang siapa saja dan bisa bertahan selama beberapa hari, sehingga mengganggu aktivitas kita. Penyebab diare bermacam-macam seperti mengonsumsi makanan tidak bersih dan malas mencuci tangan.

Kebiasaan tersebut memicu virus, bakteri, atau parasit masuk ke dalam perut dan menginfeksi usus sehingga menyebabkan diare. Selain itu, diare juga dapat disebabkan oleh efek samping obat-obatan, alergi atau intoleransi makanan, keracunan, dan peradangan pada usus.

Jika Anda mengalami diare dan tidak ingin bertambah parah, hindari beberapa makanan dan minuman berikut ini:

Baca Juga: Cara Mengatasi Diare Pada Anak yang Dapat dilakukan di Rumah

1. Makanan berminyak dan berlemak

Menurut penelitian, makanan berminyak dan berlemak dapat menyebabkan otot-otot di dinding saluran cerna tegang, sehingga diare semakin parah. Makanan berminyak dan berlemak juga bisa memperlambat pengosongan lambung dan membuat Anda terasa kembung.

2. Produk olahan susu

Saat mengalami diare, Anda disarankan untuk menghentikan konsumsi susu dan produk olahannya sementara waktu. Diare membuat usus sulit memproduksi enzim laktase yang diperlukan tubuh untuk mencerna laktosa (gula yang dapat ditemukan dalam produk susu).

Kendati demikian, Anda tetap boleh mengonsumsi yoghurt, karena produk olahan susu yang satu ini mengandung probiotik yang baik untuk meredakan gejala diare.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean

Sumber: Alodokter


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x