Cara Mengatasi Diare Pada Anak yang Dapat dilakukan di Rumah

- 13 November 2021, 06:03 WIB
Ilustrasi. Mengapa diare dapat sangat berbahaya? Tema 3 Kelas 5 SD halaman 53.
Ilustrasi. Mengapa diare dapat sangat berbahaya? Tema 3 Kelas 5 SD halaman 53. /freepik.com/brgfx

BERITA SUBANG - Saat anak terkena diare orang tua pasti khawatir . Sebagian besar diare pada anak balita disebabkan oleh infeksi virus. Penyebab lainnya adalah infeksi bakteri dan parasit. Kondisi yang menjadi pemicu utama diare pada anak akibat infeksi ini adalah kebersihan lingkungan dan sanitasi yang buruk.

Diare adalah kondisi yang ditandai dengan meningkatnya frekuensi buang air besar (BAB) menjadi 3 kali atau lebih dalam sehari, dengan tinja yang lebih cair. Laporan dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) menunjukkan bahwa sekitar 525.000 anak balita meninggal setiap tahunnya akibat diare.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Libra, Scorpio dan Sagitarius 13 November 2021: Banyak Penghargaan

Selain karena infeksi, diare pada anak juga bisa disebabkan oleh alergi, keracunan makanan, gangguan penyerapan makanan, dan efek samping obat.

Berikut cara mengatasi diare pada anak yang dapat dilakukan di rumah:

1. Ketika anak diare, orang tua perlu memastikan kebutuhan cairan anak tercukupi. Jika usia Si Kecil masih di bawah 6 bulan, berikan ASI atau susu formula setiap kali ia muntah atau diare.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Capricorn, Aquarius dan Pisces 13 November 2021: Peluang Baru Terbuka

2. Jika usianya sudah lebih dari 6 bulan, berikan ia minuman rehidrasi, misalnya oralit. Pada anak yang sudah diberi MPASI, pastikan asupan nutrisi dari makanan cukup.

3. Berikan makanan yang lembut dan mudah dicerna dan hindari pemberian makanan berserat. Jangan memberikan jus buah atau soda, karena akan memperparah diare. Orang tua juga sebaiknya tidak memberikan anak obat tanpa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean

Sumber: Alodokter


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x