7 Cara Menghilangkan Ngantuk dan Lelah di Tempat Kerja

- 4 November 2021, 14:00 WIB
Ilustrasi seseorang yang mengantuk ketika bekerja.
Ilustrasi seseorang yang mengantuk ketika bekerja. /Pexels.com/Andrea Piacquadio

BERITA SUBANG - Ada banyak cara menghilangkan ngantuk dan lelah di tempat kerja. Ini penting untuk diketahui demi menjaga sikap profesional dan mengoptimalkan produktivitas Anda dalam bekerja.

Jika anda sedang terserang ngantuk di tempat kerja, maka berikut ada 7 cara menghilangkan ngantuk dan lelah di tempet kerja.

1. Tetap aktif di tempat kerja

Duduk terlalu lama bisa memicu munculnya rasa kantuk dan lelah. Oleh karena itu di sela-sela waktu bekerja, disarankan untuk berjalan kaki sejenak, entah untuk pergi ke toilet, mengangkat telepon, atau mengunjungi meja rekan kerja untuk mendiskusikan pekerjaan yang sedang dikerjakan bersama.

Baca Juga: Mengenal INA dan DP World yang Jalin Kerja Sama $7,5 Miliar untuk Pengembangan Pelabuhan di Indonesia

2. Tidak menatap layar komputer terus menerus.

Mata lelah dan pikiran yang sumpek karena terus-menerus menatap layar komputer bisa membuat Anda lelah dan mengantuk, atau bahkan merasakan sakit kepala tegang. Jadi, alihkan mata dan perhatian Anda dari layar komputer sesekali ke hal lain secara berkala untuk mengistirahatkan mata dan menyegarkan pikiran.

3. Mengatur pernapasan
Rasa kantuk dapat hilang jika kadar oksigen pada otak tercukupi. Untuk itu, saat merasa ngantuk, cobalah untuk mengatur pernapasan Anda kembali. Caranya yaitu dengan menarik napas dalam-dalam menggunakan perut, kemudian tahan sejenak dan hembuskan napas melalui mulut. Lakukan ini hingga 10 kali.

4. Mengonsumsi air putih yang cukup
Dehidrasi bisa menjadi penyebab munculnya rasa kantuk dan lelah. Oleh karena itu, pastikan Anda mengonsumsi air putih yang cukup, yaitu setidaknya 1 gelas besar setiap jamnya.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x