Bra Ketat Bikin Payudara Menonjol, Baca Akan Bahayanya di Sini

- 7 Februari 2021, 13:54 WIB
Ilsustrasi pengunaan bra pada perempuan.
Ilsustrasi pengunaan bra pada perempuan. /Foto: Tangkap layar akun youtube Peter Fang/


BERITA SUBANG - Kebanyakan perempuan senang mengenakan bra (breast holder/BH) yang ketat, bra ketat ini bisa membuat tampilan payudara lebih menonjol dan berisi. Padahal, bra ketat membuat wanita berisiko kanker payudara.

Sebuah studi terbaru yang dilakukan di Universitas Harvard, menemukan mengenakan bra yang sangat ketat dapat membatasi sirkulasi darah dan juga dapat merusak jaringan getah bening.

Baca Juga: Film Perempuan Tanah Jahanam Borong Nominasi FFI 2020

Menurut penelitian, bra ketat membuat berkurangnya oksigen dan nutrisi yang dikirim ke sel-sel. Ini terjadi terutama pada wanita yang memakai bra selama lebih dari 12 jam sehari dan bahkan tidur juga mengenakan bra.

Tak hanya soal bra, studi ini juga menemukan perempuan kelas menengah berada pada risiko lebih tinggi kanker payudara karena mereka bekerja selama berjam-jam.

Pembuluh limfatik sangat tipis, mereka sangat sensitif terhadap tekanan dan mudah dikompresi.

Baca Juga: 5 Film Jerman Terpopuler di Onleihe Perpustakaan Digital Goethe Institut

"Alasan utama mengapa bra yang sangat ketat buruk bagi kesehatan payudara adalah karena mereka membatasi aliran getah bening di payudara Anda. Biasanya cairan getah bening yang membuang limbah dan racun lain dari payudara, tetapi bra menghambat tindakan ini, sehingga racun mulai menumpuk di payudara, dan dapat mengembangkan kanker," begitu isi penelitian seperti dilansir timeofindia.

Ginekolog Dr Smiti Kamath yang tak ikut penelitian juga mengingatkan wanita yang suka mengenakan bra kawat saat tidur. Bra tersebut bisa mencegah aliran normal limfatik dan kemungkinan anoksia (kada oksigen lebih rendah dari normal), yang telah berhubungan dengan fibrosis, yang pada gilirannya berkaitan dengan peningkatan risiko kanker.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean

Sumber: timesofindia.indiatimes.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah