Pernyataan Bamsoet Soal Regulasi Bikin Adem Pengelola Dorong Robot Trading

- 23 Februari 2022, 14:17 WIB
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo /Dok MPR RI

BERITA SUBANG -Ketua MPR Bambang Soesatyo mendorong pemerintah membuat aturan perundang-undangan yang menyesuaikan dengan kemajuan teknologi tersebut termasuk untuk robot trading dan industri kripto.

Bamsoet sapaan akrab Bambang Soesatyo memaparkan, pemerintah tidak bisa menutup mata pada perubahan ini sehingga harus menyesuaikan diri.

“Sama ketika ribut awal-awal Gojek hadir di Indonesia, sama ketika pinjol hadir di Indonesia. Apakah bisa kita bendung? Tidak. Kita harus membuat aturan perundang-undangan yang menyesuaikan dengan kemajuan teknologi yang terus berkembang,” katanya dalam seminar 'Fenomena Robot Trading, Aset Crypto, dan Sistem Pembayaran di Indonesia', di Jakarta, Selasa 22 Februari 2022.

 Baca Juga: Petinggi DNA Pro Daniel Abe Unggah Pernyataan Bamsoet Soal Aturan Main Robot Trading

Dia menerangkan, digitalisasi pada sektor ekonomi sesungguhnya menawarkan beberapa keunggulan, pada sektor keuangan misalnya, kehadiran aset kripto sebagai komoditi digital yang dapat digunakan untuk transaksi virtual berbasis jaringan internet ini mempunyai keunggulan dari aspek kecepatan, efisiensi waktu dan biaya, serta keamanan karena terlindungi oleh teknologi blockchain yang hampir mustahil untuk diretas.

 “Demikian juga pemanfaatan robot trading yang membantu trader melakukan otomatisasi dalam perdagangan, mampu menjalankan fungsi sebagaimana penasihat berjangka (trading advisor). Memang kita tidak bisa menutup mata, banyak juga yang menyalahgunakan ini untuk judi, dan lain-lain sebagainya,” jelas Bamsoet.

Menurut Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini, maraknya kasus penipuan berkedok investasi seharusnya dapat dicegah melalui edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat, juga diperlukan tindakan pembinaan.

Bila diperlukan langkah-langkah represif agar dapat memberikan efek jera pada pelaku penipuan tersebut.

 Baca Juga: Sita BMW dan Jaguar, Bareskrim Kejar Aset Owner Blast Sampai ‘Lobang Tikus’

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x