Ngeri, Indonesia Punya Utang tersembunyi Rp245,3 triliun ke China, Kemenkeu Akui dan Beri Penjelasan

- 16 Oktober 2021, 06:42 WIB
Indonesia Punya Utang tersembunyi Rp245,3 triliun ke China, Kemenkeu Beri Penjelasan
Indonesia Punya Utang tersembunyi Rp245,3 triliun ke China, Kemenkeu Beri Penjelasan /PublicDomainPictures/Pixabay

BERITA SUBANG - Diam-diam, Indonesia ternyata memiliki utang tersembunyi kepada China sebesar 17,28 miliar dollar AS atau setara dengan Rp245,3 triliun .

Temuan mengenai utang tersembunyi itu disampaikan oleh AidData, sebuah lembaga riset internasional lewat laporan "Banking on the Belt and Road: Insight from a new global dataset of 13.427 Chinese Development Projects.

Secara garis besar, laporan AidData membahas 13.427 proyek di 165 negara. Jumlah utang secara kolektif dengan ratusan negara tersebut mencapai 385 miliar dollar AS.

Baca Juga: Foto Predator Seksual Reynhard Sinaga Babak Belur Viral di Medsos

Dalam laporan yang sama, indonesia juga mendapat pinjaman dari China sebesar 4,42 miliar dollar AS melalui skema official development assistance (ODA). Begitu pula China yang menyalurkan pinjaman ke RI melalui skema other official flows (OOF) dengan jumlah 29,96 miliar dollar AS.

Menanggapi hal itu, Staf Khusus Menteri Keuangan, Yustinus Prastowo menjelaskan, utang tersembunyi (hidden debt) yang tercantum dalam AidData bukan berarti pemerintah tidak melaporkan alias sembunyi-sembunyi berutang.

Hidden debt adalah utang nonpemerintah. Tapi jika terjadi wanprestasi, maka berisiko kepada pemerintah.

"Saya klarifikasi sejak awal. Hidden debt versi AidData tak dimaksudkan sebagai utang yang tak dilaporkan atau disembunyikan. Jadi di titik ini kita sepakat, ini bukan isu transparansi," kata Yustinus dalam akun Twitternya, @prastow, Jumat 15 Oktober 2021.

Baca Juga: Media Asing Sebut Suara Azan di Jakarta Berisik, MUI, Dewan Masjid dan Pemprov DKI Beri Tanggapan

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x