Transaksi di ATM Link Kena Biaya, YIB Tolak Kebijakan Berbayar Dengan Galang Petisi di Change.org

- 28 Mei 2021, 12:43 WIB
Ilustrasi mesin ATM Link
Ilustrasi mesin ATM Link /Foto: beritasubang.com/

BERITA SUBANG - Komunitas praktisi perbankan Young Islamic Bankers (YIB) menolak kebijakan pemberlakukan biaya cek saldo dan tarik tunai di ATM Link bagi nasabah bank yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) yakni Bank Mandiri, BRI, BNI, BTN.

YIB menilai kebijakan yang menuai kontroversi itu dianggap akan merugikan nasabah perbankan secara umum. Bahkan, muncul petisi penolakan kebijakan tersebut di platform change.org.

Baca Juga: Tahun 2021 Sektor Keuangan Syariah Masih Dibayangi Covid-19, YIB Beri Strategi Shariah First

Ada beberapa point jadi catat kenapa transaksi di ATM Link di tolak oleh YIB, dari keterangan yang diterima beritasubang.pikiran-rakyat.com, Jakarta, Jumat, 28 Mei 2021, pertama mayoritas masyarakat Indonesia dan konsumen perbankan adalah nasabah bank Himbara.

"Diperkirakan sekitar 100 juta orang menjadi nasabah Bank Himbara. Di sisi lain, seluruh ATM bank Himbara yang berjumlah sekitar 45 ribu sudah diintegrasikan menjadi ATM Link, sehingga jika ingin bertransaksi di ATM secara gratis, satu-satunya pilihan adalah ATM Link," tulis YIB.

Baca Juga: Perbankan Syariah Bidik Kaum Milenial Sebagai Market Size Shariah Digital

Kedua, kebijakan pemberlakukan biaya di ATM Link sangat bertentangan dengan semangat awal integrasi ATM bank Himbara menjadi ATM Link, yaitu meningkatkan kepuasan nasabah melalui biaya transaksi yang gratis dan lebih rendah.

"Nasabah juga tidak perlu mengantri di ATM bank penerbit kartu, cukup mendatangi semua ATM Link yang terdekat untuk bisa cek saldo dan tarik tunai gratis," tulisnya.

Ketiga, baru sekitar 40 persen konsumen perbankan Indonesia yang sudah memiliki akses mobile atau internet banking. Sisanya, tidak familiar dengan transaksi online karena masih gagap teknologi atau karena keterbatasan akses internet di wilayahnya.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah