WhatsApp, Facebook dan Instagram Pulih Kembali Setelah Down, Apakah Dihack? Ini Laporan New York Times

- 5 Oktober 2021, 07:02 WIB
Jadi Trending di Twitter, WhatsApp Error di Seluruh Dunia, Begini Tanggapan Pihak WhatsApp
Jadi Trending di Twitter, WhatsApp Error di Seluruh Dunia, Begini Tanggapan Pihak WhatsApp / unsplash.com/Rachit-tank/

BERITA SUBANG - Layanan yang disediakan oleh Facebook Inc —Facebook, Instagram, WhatsApp, dan Facebook Messenger—, perusahaan raksasa di dunia milik Mark Zuckerberg, kembali pulih setelah error dan tidak dapat digunakan di berbagai belahan dunia.

Berbagai layanan yang disediakan Facebook Inc tersebut dilaporkan down di berbagai belahan dunia setelah sebelumnya perusahaan milik Zuckerberg ini diterpa isu miring karena laporan eks karyawan Facebook di AS menyebut Facebook lebih memilih keuntungan daripada menjaga keamanan penggunanya.

Hal ini membuat Antigone Davis, Direktur Kebijakan Publik Facebook, harus melakukan siaran langsung di CNBC untuk membela perusahaannya atas berbagai tuduhan miring, termasuk mencuatnya sebuah data penelitian yang menunjukkan bahwa Instagram berbahaya bagi remaja.

Peristiwa padamnya layanan populer dari Facebook Inc pada Selasa, 5 Oktober 2021 dini hari, cepat menjadi trending topics di Twitter dengan hastag #facebookdown (Facebook down), #instagramdown (Instagram down) dan #whatsappdown (WhatsApp down).

Baca Juga: Facebook, Whatsapp, dan Instagram Sampaikan Permintaan Maaf dan Beri Penjelasan Terkait Putus Koneksi

Apakah Facebook diretas? Berikut laporan dari berbagai media asing ternama di dunia, termasuk New York Times.

Sebelum menuju ke spekulasi apakah Facebook diretas, The Verge, pada sebuah artikel yang dipublikasikan Senin 4 Oktober 2021 kemarin, melaporkan padanya berbagai aplikasi yang disediakan Facebook Inc tersebut terjadi tepat sebelum tengah hari Waktu Timur (Eastern Time, disingkat ET).

ET adalah zona waktu yang dipergunakan di pantai timur Amerika Utara dan pantai barat Amerika Selatan.

Padamnya layanan selama hampir enam jam tersebut, diyakini merupakan pemadaman terburuk yang pernah dialami Facebook Inc sejak insiden 2019 yang membuat situsnya offline selama lebih dari 24 jam. 

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x