Facebook, Instagram, WhatsApp dan Facebook Messenger Down, Pengguna Tidak Bisa Buka Platform Tersebut

- 5 Oktober 2021, 00:08 WIB
Tiga aplikasi terpopuler WhatsApp, Instagram dan Facebook yang mengalami down pada 4 Oktober 2021.
Tiga aplikasi terpopuler WhatsApp, Instagram dan Facebook yang mengalami down pada 4 Oktober 2021. /Twitter/Denpasar Update

BERITA SUBANG - Pengguna Facebook dan Instagram mengeluhkan tidak dapat menggunakan layanan dari kedua platform sosial media tersebut Senin, 4 Oktober 2021, di menjelang tengah malam.

Tak hanya Facebook dan Instagram, WhatsApp dan Facebook Messenger, yakni dua aplikasi chatting yang terafiliasi dengan Facebook juga tak dapat berfungsi.

Facebook sebelumnya tengah mendapat serangan dari whistleblower, atau laporan dari pihak internal perusahaan milik Mark Zuckerberg, bahwa platform media sosial terpopuler di dunia tersebut lebih mengutamakan profit ketimbang keamanan pengguna.

Ada pesan seperti ini yang didapatkan oleh pengguna Facebook: "Sorry, something went wrong. We’re working on it and we’ll get it fixed as soon as we can” dan Facebook app atau layanan Facebook melalui aplikasi juga tidak mau menampilkan isi konten.

Pada jasa layanan Instagram, ada pesan: “5xx Server Error” sementera di aplikasi ada error message "Couldn’t refresh feed."

Menurut DownDetector, sebuah jasa layanan yang memonitor apakah ada situs yang down, disebutkan bahwa pengguna Facebook dan Instagram dari Amerika Serikat telah melaporkan kedua platform tersebut tengah error beberapa jam lalu. 

Laporan DownDetector juga menunjukkan hal yang sama.

Sementera itu, Facebook mencuit informasi sebagai berikut:

 Di lain pihak, akun Twitter Instagram juga memposting hal ini: "Instagram and friends are having a little bit of a hard time right now, and you may be having issues using them. Bear with us, we’re on it! #instagramdown.

Facebook mencatat memiliki 1,91 miliar pengguna aktif melalui aplikasi di smartphone pada akhir Juni 2021. Angka ini meningkat 7 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x