Apple Melaporkan Pendapatan Kuartal Ketiga, Penjualan iPhone Meningkat Sebesar 50 Persen

- 28 Juli 2021, 12:31 WIB
Apple mengumumkan laporan pendapatan kuartal ketiga dengan penjualan iPhone yang meningkat secara signifikan.
Apple mengumumkan laporan pendapatan kuartal ketiga dengan penjualan iPhone yang meningkat secara signifikan. /Dok. apple.com/

BERITA SUBANG - Apple mengumumkan hasil keuangan untuk kuartal ketiga tahun fiskal 2021 yang berakhir pada 26 Juni 2021. Apple membukukan rekor pendapatan kuartal Juni sebesar $81,4 miliar, naik 36 persen dari tahun ke tahun, dan pendapatan kuartalan per saham terdilusi sebesar $1,30.

Pendapatan iPhone saja naik hampir 50 persen dan menyumbang $39,57 miliar sementara layanan naik 33 persen dengan $17,48 miliar.

Penjualan Mac dan iPad year over year (YoY) juga meningkat, dengan Mac menghasilkan $8,24 miliar dan iPad menghasilkan 7,37 miliar. Kategori "produk lain" Apple yang terkenal adalah tempat perusahaan mengelompokkan produk lainnya, sebagian besar berasal dari pendapatan AirPods dan Apple Watch. Kategori ini meraup $8,77 miliar, menyumbang peningkatan 40 persen YoY.

Analis mengaitkan kesuksesan Apple dengan pergeseran dunia untuk bekerja dan pergi ke sekolah dari rumah. Lonjakan penjualan iPhone yang tiba-tiba terjadi pada saat pembeli smartphone siap untuk beralih ke smartphone 5G.

Baca Juga: Apple iPhone 13 Series akan Dibuat oleh Foxconn dan Pegatron, Smartphone Model Pro Memiliki Modul Kamera Besar

"Kuartal ini, tim kami membangun periode inovasi yang tak tertandingi dengan berbagi produk baru yang kuat dengan pengguna kami, pada saat menggunakan teknologi untuk menghubungkan orang di mana saja tidak pernah lebih penting," kata Tim Cook, CEO Apple.

"Kami terus maju dalam pekerjaan kami untuk menanamkan semua yang kami buat dengan nilai-nilai yang mendefinisikan kami, dengan menginspirasi generasi baru pengembang untuk belajar coding, bergerak lebih dekat ke tujuan lingkungan 2030 kami, dan terlibat dalam pekerjaan mendesak membangun masa depan yang lebih adil," ujarnya.

CFO Apple, Luca Maestri, mengatakan bahwa rekor kinerja operasi Apple pada kuartal Juni mencakup rekor pendapatan baru di setiap segmen geografis, pertumbuhan dua digit di setiap kategori produk Apple, dan rekor tertinggi baru sepanjang masa untuk basis perangkat aktif terpasang mereka.

"Kami menghasilkan $21 miliar arus kas operasi, mengembalikan hampir $29 miliar kepada pemegang saham kami selama kuartal tersebut, dan terus melakukan investasi signifikan di seluruh bisnis kami untuk mendukung rencana pertumbuhan jangka panjang kami," ujarnya.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x