Apple iPhone 14 Dilaporkan akan Menggunakan Chipset Berfabrikasi 4nm, iPad Pro 2022 Menggunakan Chipset 3nm

- 3 Juli 2021, 18:18 WIB
Seri iPhone dan iPad Pro tahun 2022 akan menggunakan chipset tingkat lanjut.
Seri iPhone dan iPad Pro tahun 2022 akan menggunakan chipset tingkat lanjut. /Dok. apple.com/

BERITA SUBANG - Apple untuk tahun ini menggunakan chipset berfabrikasi 5nm dari TSMC baik untuk A14 Bionic dan juga M1. Menurut laporan dari situs Nikkei Asia, iPhone untuk model tahun 2022 (iPhone 14) akan dibangun berdasarkan fabrikasi 4nm.

Sedangkan peningkatan chipset untuk seri M akan memiliki fabrikasi 3nm yang lebih canggih, dan kemungkinan akan dipasangkan untuk iPad Pro seri terbaru.

Chipset A15 Bionic untuk iPhone 13 sedang diproduksi pada node berfabrikasi 5nm yang dirubah di TSMC, yang menawarkan peningkatan kecepatan clock sebesar 5 persen atau pengurangan daya sebesar 10 persen dibandingkan dengan N5.

Chipset M1X juga diperkirakan akan menggunakan N5P. Apple akan mengungkap iPhone 13 akhir tahun ini, MacBook Pro seri baru juga kemungkinan akan diluncurkan pada bulan September.

Baca Juga: Apple Kini Memiliki Banyak Pemasok Mini-LED, MacBook Pro 14 dan 16 Inci Siap Diluncurkan pada Bulan September

TSMC dalam Berita Gadget Terkini berhasil menyelesaikan pengembangan proses 4nm (N4) lebih cepat dari jadwal dan MediaTek akan menjadi yang pertama untuk merilis chipset 4nm baik pada akhir tahun ini atau pada awal 2022.

Pada paruh kedua tahun 2022, sebagian besar kapasitas produksi akan difokuskan pada chipset untuk iPhone 14. Manfaat kinerja N4 masih belum diumumkan untuk sekarang.

TSMC untuk sekarang dikabarkan telah memiliki dua klien utama (sekaligus nama besar) untuk node fabrikasi 3nm (N3), yaitu Apple dan Intel.

Perkembangan chipset menurut TSMC.
Perkembangan chipset menurut TSMC.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x