TSMC Mengumumkan Processor Berfabrikasi 4nm Lebih Cepat dari Rencana Sebelumnya

- 4 Juni 2021, 16:05 WIB
Prosesor berfabrikasi 4nm buatan TSMC datang lebih cepat dari perkiraan.
Prosesor berfabrikasi 4nm buatan TSMC datang lebih cepat dari perkiraan. /Dok. TSMC/

BERITA SUBANG - TSMC meluncurkan inovasi terbarunya - N5A, N6RF dan 3DFabric. Informasi didapat orang dalam, yang mengatakan perusahaan lebih cepat dari jadwal dengan proses manufaktur 4nm dan tepat waktu dengan pengembangan 3nm.

Produksi percobaan dari proses 4nm akan dimulai pada kuarter tiga tahun 2021, yang  lebih awal dari yang diharapkan sementara proses 3nm akan siap untuk produksi massal kemungkinan pada tahun 2022.

Baca Juga: Snapdragon 778G Resmi Diluncurkan oleh Qualcomm dan Akan Membawa Fitur Premium ke Smartphone Kelas Menengah

TSMC berbicara tentang teknologi N5A terbarunya yang didasarkan pada simpul 5nm. Ini bertujuan untuk memberikan solusi yang lebih efisien dan kuat bagi industri otomotif untuk memperkuat fitur-fitur yang mendukung AI dan digitalisasi kokpit kendaraan.

"Digitalisasi mengubah masyarakat lebih cepat dari sebelumnya karena orang menggunakan teknologi untuk mengatasi hambatan yang diciptakan oleh pandemi global untuk terhubung, berkolaborasi, dan memecahkan masalah," kata Dr. CC Wei, CEO TSMC.

"Transformasi digital ini telah membuka dunia baru yang penuh dengan peluang bagi industri semikonduktor. Simposium Teknologi global kami menyoroti banyak cara kami meningkatkan dan memperluas portofolio teknologi kami untuk melepaskan inovasi pelanggan kami," ujarnya.

Baca Juga: Bocoran Snapdragon 888+ di Geekbench Muncul, Peningkatan dari Snapdragon 888 dengan Kecepatan Hingga 3.00GHz

Proses N5A memenuhi semua standar kualitas dan persyaratan keandalan AEC-Q100 Grade 2 untuk produksi otomotif dan harus tersedia pada Q3 2022.

N6RF lebih tentang kinerja radio 5G dan Wi-FI 6/6e. Transistor N6RF menawarkan kinerja 16% lebih tinggi dibandingkan teknologi RF generasi saat ini pada 16nm. Efisiensi dibandingkan dengan RF 5G juga telah ditingkatkan di pita sub-6GHz dan mmWave.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah