Android 12 akan Mencegah Tangkapan Layar yang Diunggah dari Smartphone Secara Otomatis ke Google Photos

- 1 Juni 2021, 12:48 WIB
Android 12 akan mencegah tangkapan layar yang diunggah dari smartphone secara otomatis ke Google Photos.
Android 12 akan mencegah tangkapan layar yang diunggah dari smartphone secara otomatis ke Google Photos. /Dok. xda developer/

BERITA SUBANG - Pengguna Google Photos pada merek smartphone Samsung, Xiaomi, dan Oppo memiliki masalah yang sama, yaitu menyimpan tangkapan layar (screenshot) mereka bersama dengan jepretan kamera mereka tanpa opsi untuk mematikannya.

Menurut orang-orang dari XDA Developers, yang mempelajari Android 12 beta, Google akhirnya akan mewajibkan semua perangkat yang ingin menjalankan Android 12 harus menyimpan screengrabs di folder yang berbeda sehingga tidak bercampur dengan foto yang sebenarnya.

Baca Juga: Bocoran Android 12, Tombol-Tombol yang Lebih Besar, Opsi Perijinan Baru, Sampai Bisa Jadi Remote TV!

Sampai sekarang, produsen besar memasukkan tangkapan layar ke dalam subfolder DCIM (yang merupakan singkatan dari Digital Camera IMage).

Karena layanan pencadangan Google Photos mengunggah setiap gambar di foto DCIM, hal ini berarti akan mengunggah semuanya, termasuk tangkapan layar.

Google Photos akan berhenti menyimpan tangkapan layar secara otomatis pada Android 12.
Google Photos akan berhenti menyimpan tangkapan layar secara otomatis pada Android 12.

Menurut Pengembang XDA, dalam revisi awal Dokumen Definisi Kompatibilitas (CDD) Android 12, ada teks yang mengatakan pembuat harus menyimpan tangkapan layar ke Gambar > Tangkapan Layar, bukan folder DCIM, yang akan disediakan untuk foto, diambil dengan kamera aplikasi.

Baca Juga: Google Memperkenalkan Project Starline pada Hari Rabu, 19 Mei 2021, Jarak yang Jauh Menjadi Terasa Dekat!

Orang-orang yang ingin tangkapan layar mereka dicadangkan dapat dengan mudah memilih folder baru yang akan dicadangkan, tentu saja.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x