Ketua Suku Adat Banceuy Ciater Subang Kunjungi Pemuda Pancasila Subang Undang Hadir di Acara Adat Ruat Bumi

- 18 Juli 2022, 18:12 WIB
Ketua PP Subang Endang Kosasih (kanan) terima kunjungan Suku Adat Banceuy Ciater Subang, Abah Ade Bahrun (tengah) pada Senin, 18 Juli 2022.
Ketua PP Subang Endang Kosasih (kanan) terima kunjungan Suku Adat Banceuy Ciater Subang, Abah Ade Bahrun (tengah) pada Senin, 18 Juli 2022. /dok. H. Yaman Suryaman/

BERITA SUBANG - Ketua Majlis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila Kabupaten Subang (PP Subang) H. Endang Kosasih didampingi Dankoti PP Subang, Handra Munandar, menerima kunjungan Ketua Suku Adat Banceuy Ciater, Abah Ade Bahrun, bertempat di Markas MPC PP Subang pada Senin, 18 Juli 2022.

Kunjungan yang dilakukan Kepala Suku Adat Banceuy Abah Ade Bahrun, menurut Endang Lentuk (Sapaan akrab Ketua PP Subang), yaitu demi menjaga dan menjalin silaturahmi Suku Adat Budaya Banceuy dengan ormas Pemuda Pancasila (PP Subang).

"Saya mengucapkan selamat datang dan banyak banyak terima kasih kepada Abah Ade Bahrun, Kepala Suku Budaya Adat Banceuy Ciater, tamu yang sangat istimewa ini, menurut saya sengaja datang dengan maksud dan tujuan mempererat tali sillaturahmi bersama Ormas Pemuda Pancasila," ujar Endang Lentuk.

“Semoga jalinan sillaturahmi ini menjadikan satu suri tauladan bersama bagi lembaga adat-adat yang lain yang ada di Kabupaten Subang ini,” imbuh Endang Lentuk.

Baca Juga: Panglima Santri Jawa Barat Resmikan Pesantren As Syfa Al Khoeriyyah Subang Suguhkan Pendidikan Fisik Spiritual

Sementara itu, Kepala Suku Adat Banceuy Ciater, Abah Ade Bahrun, menyampaikan maksud dan tujuan kedatangannya, selain bersilaturahmi juga mengundang Endang Lentuk untuk menghadiri acara adat ruatan bumi Kampung Banceuy yang berada di Kecamatan Ciater, pekan depan.

"Bapa Ketua PP, H. Endang, kami sengaja datang untuk mengundang Ketua PP menghadiri acara yang akan digelar Paguyuban Suku Adat Banceuy Ciater yang akan dilaksanakan pekan depan," kata Abah Ade Bahrun.

Nanti dalam kegiatan ruatan bumi, lanjut Abah Ade, Paguyuban Suku Adat Banceuy akan mengambil tema "Jaga Lembur Jaga Lewuweung Jaga Budaya Jaga Sagara" yang mempunyai arti Paguyuban Suku Adat Kampung Banceuy masih kental memelihara adat budaya Sunda dan keasrian.

Pada kesempatan itu juga Abah Ade Bahrun menyampaikan kehawatirannya terkait banyaknya tradisi budaya luar yang masuk ke Sunda, sehingga nilai-nilai kearifan lokal budaya dan adat Sunda tergerus.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x