Warga Gunung Sembung Turun ke Jalan! Kades Basah Kuyup Diguyur Air

- 24 Oktober 2021, 21:07 WIB
Kepala Desa Gunung Sembung, Agus Apip Somantri (dua dari kanan),  foto bersama dengan para sesepuh dalam acara kegiatan ruat bumi.
Kepala Desa Gunung Sembung, Agus Apip Somantri (dua dari kanan),  foto bersama dengan para sesepuh dalam acara kegiatan ruat bumi. /H. Yaman Suryaman/

BERITA SUBANG - Kepala Desa Gunung Sembung, Kecamatan Pagaden, Kabupaten Subang, Agus Apip Somantri terpaksa harus basah kuyup sekujur tubuh karena diguyur warga.

Hal itu terjadi ketika Kades Agus Apip Somantri sedang mengikuti prosesi ruat bumi yang diselenggarakan warga setempat pada Minggu (24 Oktober 2021).

Acara tersebut merupakan kegiatan rutin setiap tahun disebut ruat bumi, yang diselenggarakan oleh warga desa ketika akan memulai melakukan para petani menggarap sawah.

Dalam kegiatan tersebut, warga Desa Gunung Sembung turun ke jalan untuk berpawai keliling kampung, sambil membawa tatanen (hasil pertanian) biasanya berupa buah-buahan dan makanan, yang dibawa dengan menggunakan mobil hias keliling kampung sambil berjoged bersuka ria diiringi musik irama dangdut.

Baca Juga: Kisah 7 Petani Milenial Sukses Tembus Jual Sayuran ke Pasar Supermarket Saat Awal Masa Pandemi

Prangkat desa yang dipimpin langsung Kades Agus Apip Somantri, pada kegiatan itu ikut arak-arakan keliling kampung, dan mendapat sambutan dari warga di halaman rumah mereka yang mempersiapkan ember berisi air untuk diguyurkan kepada kades dan perangkatnya.

"Saya rela basah kuyup dibanjur warga dalam acara ruatan bumi ini," ujar Kades Agus kepada Berita Subang.

Selanjutnya dia berujar bahwa kegiatan ruat bumi ini diselenggarakan secara rutin setiap tahun oleh warga Desa Gunung Sembung ketika akan mulai menan padi saat musim penghujan tiba.

Selain itu kegiatan ini merupakan bentuk rasa sukur kepada Illahi Robby, seraya bermohon agar pandemi segera enyah, dan Indonesia bangkit dari keterpurukan akibat Covid-19.***

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah