Pasca Banjir di Subang, Kini Sepanjang 4000 Meter Tanggul Sungai Cipunagara Rusak Jadi Penyebab Limpasan Air

- 19 Februari 2021, 20:02 WIB
Pasca banjir di Subang, tanggul Sungai Cipunagara rusak menyebankan limpasan air menggenang hektaran sawah di Subang Pantura
Pasca banjir di Subang, tanggul Sungai Cipunagara rusak menyebankan limpasan air menggenang hektaran sawah di Subang Pantura /Humas Polres Subang/Aahamzah/

BERITA SUBANG - Pasca bencana banjir di Subang yang sempat merendam sebagian besar wilayah utara atau Subang Pantura beberapa hari lalu meninggalkan sejumlah kerusakan tanggul Sungai Cipunagara.

Kondisi tanggul Sungai Cipunagara yang rusak itu hingga kini mengakibatkan terjadinya limpasan atau luapan air Sungai Cipunagara merendam hektaran sawah di Kecamatan Pamanukan, Subang.

Kerusakan terjadi pada tanggul bantaran Sungai Cipunagara sepanjang 4000 meter yang membentang dari Desa Bongas hingga ke Desa Rancahilir dan Desa Mulyasari di Kecamatan Pamanukan, Subang.

Seperti disampaikan Kapolsek Pamanukan KOMPOL Dadang Cahyadiawan kepada Kapolres Subang AKBP Aries Kurniawan Widiyanto melalui keterangan tertulis yang disampaikan Humas Polres Subang pada Jumat Tanggal 19 Februari 2021.

"Tanggul Kali (Sungai) Cipunagara bobol pasca bencana alam banjir yang terjadi di wilayah Kecamatan Pamanukan dan Sukasari, Kabupaten Subang," sebut Kapolsek Pamanukan KOMPOL Dadang Cahyadiawan.

Baca Juga: Pemerintah Undangkan 49 Peraturan Pelaksana UU Cipta Kerja, Agar Jadi Vaksin Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN)

Kapolsek Pamanukan melaporkan kepada Kapolres Subang AKBP Aries Kurniawan Widiyanto kondisi kerusakan tanggul Sungai Cipunagara pasca banjir di Subang yang terjadi beberapa hari lalu
Kapolsek Pamanukan melaporkan kepada Kapolres Subang AKBP Aries Kurniawan Widiyanto kondisi kerusakan tanggul Sungai Cipunagara pasca banjir di Subang yang terjadi beberapa hari lalu

Baca Juga: Potensi 182 Juta Limbah Medis B3 Jarum Bekas Vaksin Covid-19 Berbahaya Bagi Kesehatan. Ini Solusi Pemerintah

"Tanggul Kali (Sungai) Cipunagara sepanjang 4000 meter dari Desa Bongas, Ranca Hilir dan Mulyasari, membentang dari selatan ke utara hingga melewati jembatan Sungai Cipunagara," imbuh Kapolsek Pamanukan Kompol Dadang Cahyadiawan.

Di Desa Bongas, lanjut Kapolsek Pamanukan, tepatnya di Kampung Bongas dan Babakan Kepuh terjadi limpasan air pada sepanjang 1000 meter tanggul Sungai Cipunagara.
Pada lokasi yang sama juga terjadi beberapa kerusakan tanggul sepanjang 10 meter hingga 30 meter per satu titik lokasi.

Baca Juga: VIDEO Kapolres Subang Mendapat Vaksinasi Covid-19 Tahap 2 Bareng Bupati Ruhimat dan Forkompinda Subang

Sementara kondisi tanggul Sungai Cipunagara yang terletak di Kampung Bojongcurug, Bojonggayam, dan Bojongtangjung di Desa Rancahilir, Kecamatan Pamanukan terpantau bobol (rusak) sepanjang 780 meter.

Pada lokasi tersebut terjadi limpasan air pada tanggul Sungai Cipunagara sepanjang 1500 meter.

"Kerusakan juga terjadi di Kampung Pamugas dan Bojong Curug,Desa Mulyasari, air Sungai Cipunagara meluber di sepanjang 1500 meter tanggul Sungai Cipunagara dan bobol (rusak) sepanjang 780 meter pada beberapa titik," pungkas Kapolsek Pamanukan KOMPOL Dadang Cahyadiawan.***

 

Dapatkan berita Subang terkini dengan mengikuti Facebook Fanpage Berita Subang disini.

Editor: Tommy MI Pardede

Sumber: Humas Polres Subang


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah