JAMAN: Masyarakat Nantikan Debat Capres dan Cawapres, KPU Malah Rubah Formatnya

- 2 Desember 2023, 09:02 WIB
Ilustrasi Kantor KPU RI.
Ilustrasi Kantor KPU RI. /Foto: Istimewa/

 

BERITASUBANG.COM - Dalam setiap kontestasi Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, debat kandidat pasangan Capres - Cawapres merupakan momentum yang paling ditunggu oleh masyarakat.

Kontestasi Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2024 yang sudah memasuki tahapan masa kampanye sejak 28 November lalu, langsung digunakan semua paslon untuk berkeliling menyapa masyarakat diseluruh Indonesia secara langsung.

Namun, masyarakat nampaknya sudah tidak sabar menantikan debat kandidat pasangan Capres & Cawapres Pilpres 2024 gelaran KPU RI.

Terbukti dengan banyaknya isu-isu yang berkembang liar melalui platform sosial media terkait penyelenggaraan debat kandidat Capres dan Cawapres, ada isu tentang format debat dirubah bahkan sampai ada isu yang menyatakan debat kandidat akan ditiadakan.

Baca Juga: Bawaslu Kabupaten Cianjur Ingatkan Sosialisasi Parpol Diatur dalam Pasal 25 Peraturan KPU No 33 Tahun 2018

"Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat sangat menantikan debat kandidat Capres - Cawapres 2024. Dari 75 hari masa kampanye, inti sarinya adalah debat kandidat Capres dan Cawapres. Karena dimomen inilah masyarakat dapat melihat kualitas seorang calon Pemimpin yang akan dipilihnya. Bagaimana visi dan misi yang dia bawa, kemudian apa gagasannya dalam membangun Indonesia yang luas ini", ungkap Ketua Harian DPD JAMAN Sumatera Selatan, Hepriyadi.

"Momen debat kandidat biasanya akan disaksikan sebagain besar Masyarakat Indonesia, sehingga menjadi tolak ukur keterpilihan seorang calon. Karena pemilih rasional akan memanfaatkan momentum debat kandidat sebagai tolak ukur menentukan pilihannya.

"Jadi bisa saja, setelah menyaksikan seluruh rangkaian debat kandidat seseorang pemilih yang tadinya mendukung calon B, tapi setelah debat kandidat pemilih tersebut merubah arah dukungannya ke calon C, hal itu biasa dan lumrah," ujarnya.

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x