Sudah Dibuka Sejak H Plus 1, Ruas Fungsional Tol Cisumdawu Bisa Diperpanjang, Dapat Diakses dari Cipali

- 26 April 2023, 05:15 WIB
Petugas memantau ruas Tol Cisumdawu seksi 3-6 (Cimalaka-Ujungjaya) dibuka untuk arus balik lebaran 2023 dengan arah sebaliknya dari arah Kertajati menuju Bandung.
Petugas memantau ruas Tol Cisumdawu seksi 3-6 (Cimalaka-Ujungjaya) dibuka untuk arus balik lebaran 2023 dengan arah sebaliknya dari arah Kertajati menuju Bandung. /kabar-priangan.com/DOK/

BERITA SUBANG - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Barat membuka opsi perpanjangan waktu ruas fungsional Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) untuk bisa diakses dari Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) pada arus balik Lebaran 2023.

Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Barat Kombes Pol Wibowo di Bandung, Selasa, mengatakan sejauh ini ruas fungsional tol tersebut masih tetap dibuka selama sembilan jam mulai dari pukul 06.00 hingga 15.00 WIB.

"Namun tidak menutup kemungkinan pembukaan itu diperpanjang. Yang jelas skenario hanya sampai dengan jam 15.00 WIB," kata Wibowo.

Hal ini untuk mempermudah kelancaran lalu lintas di musim Mudik 2023.

Wibowo mengatakan perpanjangan waktu bisa saja dilakukan jika arus lalu lintas dari arah Jawa Tengah di Tol Cipali cukup padat, namun perpanjangan waktu itu juga harus melihat kondisi cuaca di Kawasan Tol Cisumdawu.

Dia juga menjelaskan Tol Cisumdawu mulai bisa digunakan untuk arus balik dengan sistem one way ke arah Bandung sejak Senin (24/4) atau H+1 Lebaran 2023.

Menurut dia, ruas fungsional Cisumdawu itu mulai dari Kilometer (KM) 216 Gerbang Tol Ujung Jaya Utama sampai dengan KM 184 di Kawasan Cimalaka, Kabupaten Sumedang.

Sementara itu, Direktur Teknik dan Operasional PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) Bagus Meidi mengatakan ruas fungsional Tol Cisumdawu itu digunakan untuk arus balik mulai dari 24 April hingga 1 Mei 2023. Setelah 1 Mei 2023, menurut dia, ruas fungsional Tol Ciwsumdawu itu akan ditutup kembali untuk menyelesaikan proyek yang belum rampung 100 persen.

"Jadi mau dilanjutkan dulu proyek tersebut biar tuntas deh, karena kan dari pak Menteri (Menteri PUPR) diminta Juni sudah selesai," kata Bagus.

Baca berita lainnya terkait Mudik 2023 di Link Ini.

***

Ikuti berita kami melalui Google News

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x