Di Cadas Hideung, Jalur Menuju Wilayah Selatan Cianjur Tertutup Sementara Akibat Longsor

- 26 April 2023, 04:22 WIB
Longsor di Kawasan Cadas Hideung Kabupaten Cianjur Terjadi Lagi, Akses Jalan Kecamatan Sukanagara - Pagelaran Terputus
Longsor di Kawasan Cadas Hideung Kabupaten Cianjur Terjadi Lagi, Akses Jalan Kecamatan Sukanagara - Pagelaran Terputus /Literasi News/Nabiel Purwanda

BERITA SUBANG - Hujan deras yang terjadi sejak Selasa, 24 April 2023, telah menyebabkan jalan longsor di wilayah Cadas Hideung, Kecamatan Sukanagara, Cianjur, Jawa Barat.

Jalan yang merupakan jalur menuju wilayah selatan Cianjur sementara tertutup akibat longsor, sehingga polisi mengimbau pengguna jalan terutama pemudik Lebaran 2023 untuk ekstra hati-hati dan waspada saat melintas.

Kapolsek Sukanagara, AKP Tio saat dihubungi ANTARA Selasa, 24 April 2023 mengatakan hujan deras yang turun sejak siang hingga petang membuat tebing setinggi 30 meter di pinggir jalan longsor dan menutup sebagian landasan jalan utama penghubung antar kecamatan di wilayah selatan

"Untuk sementara tidak dapat dilalui kendaraan karena longsor menutup sebagian landasan jalan yang saat kejadian ramai dilalui kendaraan, namun tidak ada korban jiwa atau materiil, hanya antrean panjang terlihat sepanjang 5 kilometer dari kedua arah," katanya kepada ANTARA.

Pihaknya telah berkoordinasi dengan dinas terkait di Pemprov Jabar untuk menurunkan alat berat karena jalan tersebut berstatus jalan provinsi merupakan jalur utama penghubung antar kecamatan di wilayah selatan.

Sambil menunggu alat berat, petugas gabungan bersama warga berusaha menyingkirkan material longsor yang menutup landasan jalan sepanjang 10 meter dengan ketinggian longsoran sekitar satu meter berupa batu dan pohon berbagai ukuran.

"Kami menargetkan pembersihan materil longsor dapat dengan cepat dilakukan ketika alat berat datang, untuk saat ini ditargetkan kendaraan roda dua dapat melintas karena sejak pagi hingga siang jalur ini padat dilalui pemudik dan wisatawan," katanya.

Sejumlah saksi mata mengatakan, longsor terjadi ketika hujan turun deras lebih dari dua jam, sehingga menyebabkan tebing di sisi kanan jalan dari arah Cianjur, longsor dan menutup sebagian landasan jalan. Tidak ada korban jiwa atau kendaraan yang tertimbun.

"Selang beberapa jam hujan turun, warga sudah melihat ada pergerakan tanah tebing, sehingga hal tersebut dilaporkan ke petugas yang langsung disiagakan beberapa puluh meter sebelum lokasi, sehingga saat longsor terjadi tidak ada korban jiwa atau kendaraan yang melintas," kata saksi mata warga sekitar Adang.

***

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x