Viral PLTG Sambera Mandek, Pakar Medsos: Bukti Kekuatan Netizen Gugah Kinerja PTGN di IKN

- 19 Maret 2023, 14:24 WIB
Viral-nya kontrol oleh netizen terbilang efektif untuk didengar oleh pemerintah, jadi harus menjadi warning bagi PTGN khususnya terkait kinerja PLTG Sambera
Viral-nya kontrol oleh netizen terbilang efektif untuk didengar oleh pemerintah, jadi harus menjadi warning bagi PTGN khususnya terkait kinerja PLTG Sambera /Foto: Ilustrasi/web pertagasniaga/

BERITA SUBANG - Pakar bisnis digital Tuhu Nugraha mengatakan trandingnya tagar #PLTGsambera beberapa hari di media sosial, sebuah peringatan bagi perusahaan PT Pertagas Negara atau PTGN, lantaran trending medsos itu ada peran warganet sebagai pilar baru demokrasi untuk check and balance untuk menikai kinerja pemerintah maupun BUMN.

Menyusul dugaan proyek gasifikasi di PLTG Sambera yang mandeg sehingga berpotensi mengganggu suplai listrik di Kalimantan Timur, khususnya Ibu Kota Negara atau IKN.

"Dulu fungsi ini kan adanya di media dan LSM. Saat ini netizen dengan kekuatan viral-nya bisa menjadi pengontrol yang efektif didengar oleh pemerintah, jadi harus menjadi warning bagi PTGN khususnya terkait kinerja PLTG Sambera," ujar Tuhu Nugraha di Jakarta, Minggu 19 Maret 2023.

Baca Juga: Diduga PLTG Sambera di IKN Mangkrak, Negara Bakal Rugi, Subholding Pertamina Tanggungjawab

Selain itu, PTGN harusnya memberikan perhatian khusus ketika kinerjanya disorot publik, karena dapat mempengaruhi iklim kepercayaan investasi di Indonesia.

Artinya, lanjut Tuhu, harus ada goodwill dan mengakui adanya permasalahan dalam proyek regasifikasi di PLTG Sambera.

"Kita sudah lihat dari berbagai kasus sebelumnya, misal Mario Dandy yang efeknya dan implikasinya luar biasa. Bukan cuma ke orang tuanya, tapi pejabat publik lainnya," kata dia.

Sebab itu, wajar jika konten yang viral oleh netizen di media sosial, sangat menarik bagi media mainstream untuk menaikkan beritanya.

"Bahkan melakukan investigasi lebih jauh. Pimpinan PTGN harus sadar karena pemerintah saat ini juga sangat peduli soal opini publik. Itu sebabnya peran netizen dan isu yang viral makin menjadi perhatian dari pemerintah," sambungnya.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x