Hati-hati Ketika Mengambil Uang Banyak di Bank, di Cirebon, Perampok Antar Provinsi Memantau Nasabah, Serem!

- 29 Januari 2023, 03:57 WIB
Kapolres Cirebon Kota AKBP Ariek Indra Sentanu
Kapolres Cirebon Kota AKBP Ariek Indra Sentanu /Iskandar Kabar Cirebon/

BERITA SUBANG - Untuk masyarakat yang mengambil uang banyak di bank, harap berhati-hati, ada modus perampok antar provinsi di Cirebon Kota, Jawa Barat yang memiliki modus mengintai Nasabah bank.

Untungnya, Kepolisian Resor (Polres) Cirebon Kota, Jawa Barat, berhasil meringkus tiga pelaku pencurian dengan kekerasan antar provinsi dengan modus operandi mengintai korban tersebut.

"Pelaku yang kami tangkap ada tiga orang, sedangkan satu lainnya masih menjadi buronan," kata Kapolres Cirebon Kota Ariek Indra Sentanu di Cirebon, Jumat, 27 Januari 2023, seperti dilansir ANTARA.

Ketiga tersangka yang ditangkap polisi, yaitu SN, AD, dan R, merupakan warga Kota Lubuklinggau, Provinsi Sumatera Selatan, sedangkan DPO berinisial IR warga Bogor, Jawa Barat.

Kapolres Cirebon menjelaskan para tersangka merancang aksi kejahatannya dengan matang, di mana mereka mempunyai peran masing-masing, seperti yang dilakukan IR (DPO), di mana yang bersangkutan masuk ke salah satu bank di Kota Cirebon untuk memantau nasabah.

Setelah IR melihat ada nasabah yang mengambil uang dengan jumlah banyak, kemudian langsung menginformasikan kepada ketiga tersangka untuk dilakukan aksi penjambretan saat berada di daerah sepi.

"Pada saat mengintai di salah satu bank terdapat nasabah yang mengambil uang Rp81 juta, dan kemudian tersangka IR menyampaikan kepada tersangka lain untuk membuntuti korban dan mengambil uang korban," tuturnya. Kejadian pencurian itu terjadi pada tanggal 18 Januari 2023, sekitar pukul 10.00-11.00 WIB di mana pada waktu itu keadaan lokasi sedang sepi aktivitas masyarakat.

Setelah menggasak uang korban Rp81 juta, lanjut Ariek, keempat tersangka kabur menggunakan dua sepeda motor mengarah ke Jawa Timur di mana di tengah jalan tepatnya di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, mereka meninggalkan seluruh kendaraan dan telepon genggam untuk mengelabui petugas.

Akan tetapi, kata Ariek, petugas berhasil meringkus ketiga tersangka ketika berada di Surabaya, Jawa Timur, dengan dibantu polisi setempat pada tanggal 21 Januari 2023.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x