KSP: Percepatan Pembangunan Destinasi Pariwisata Super Prioritas Danau Toba Perlu Komitmen Pemda

- 17 September 2022, 16:00 WIB
KSP: Percepatan Pembangunan Destinasi Pariwisata Super Prioritas Danau Toba Perlu Komitmen Pemda
KSP: Percepatan Pembangunan Destinasi Pariwisata Super Prioritas Danau Toba Perlu Komitmen Pemda /Foto: Kspgoid/mediusnews.com/

BERITA SUBANG - Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Helson Siagian menegaskan, percepatan pembangunan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba membutuhkan komitmen penuh dari pemerintah daerah.

Salah satu wujud komitmen tersebut, kata dia, dengan meningkatkan porsi anggaran pariwisata terhadap APBD 2023. Ia mencontohkan kabupaten Samosir, yang meningkatkan anggaran dinas pariwisata sebesar 7 persen dari total APBD.

Baca Juga: Pesan Moeldoko Bangun Peradaban Tidak Perlu Persoalkan Perbedaan

“Pemerintah pusat siap membantu maksimal pengembangan DPSP Danau Toba kalau pemerintah daerah juga dapat memberikan komitmen penuh terhadap pariwisata. Jadi semua pihak harus bergerak bersama-sama,” kata Helson, di Jakarta, Sabtu 17 September 2022.

Helson mengatakan, untuk mempercepat pembangunan DPSP Danau Toba, pemerintah melalui Kementerian PUPR sudah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 85 miliar untuk pembangunan infastruktur berupa jalan sepanjang 3,2 kilometer, di dalam kawasan otorita Danau Toba.

Ia pun berharap, agar readiness criteria atau prosedur penilaian kriteria persiapan dapat segera selesai, sehingga lelang dapat dilaksanakan pada Oktober mendatang.

Baca Juga: Pemuda Madiun Admin Bjokanism Ketangkap Tanpa Masuk Penjara, Begini Alasan Polri

Menurut Helson Siagian, pembangunan infrastruktur yang baik, harus diimbangi dengan kehadiran produk wisata dan ekonomi kreatif yang berkualitas dan berkelanjutan, sehingga dapat memberikan pengalaman berwisata yang terbaik bagi wisatawan.

Untuk itu, Ia mendorong pemerintah daerah juga mulai mempersiapkan sumber daya manusia yang siap untuk menyambut wisatawan. Diantaranya, dengan mengimplementasikan pendidikan tentang pariwisata dan hospitality sedini mungkin. Yakni mulai dari PAUD, SD, dan SMP untuk pemerintah kabupaten, dan SMA untuk pemerintah provinsi.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x