Bjorka Buat Masalah, Begini Kegeraman Moeldoko Sikapi Hacker Yang Bobol Data Pejabat Indonesia

- 16 September 2022, 15:31 WIB
Bjorka buat masalah, begini kegeraman Moeldoko sikapi hacker yang bobol data pejabat Indonesia
Bjorka buat masalah, begini kegeraman Moeldoko sikapi hacker yang bobol data pejabat Indonesia /Foto: Humas KSP/mediusnews.com/

BERITA SUBANG - Peretas hacker Bjorka sepanjang sepekan ini telah membuat heboh, pasalnya tingkah lakunya membuat geram pemerintah lantaran telah membocorkan sejumlah data lembaga pemerintah, sampai data pribadi pejabat hingga surat menyurat Presiden.

Kepala Kantor Sekretariatan Presiden (KSP) Moeldoko menegaskan bahwa kedaulatan data di ruang siber bagian dari kedaulatan negara, karena itu pelaku yang mengacak-acak kedaulatan data itu harus ditindak tegas dan tidak diberi ampun.

"Siapapun yang menggangu kedaulatan data Indonesia harus ditindak tegas, jangan kasih ampun. Kedaulatan data diruang siber adalah perpanjangan tangan dari kedaulatan negara," kata Moeldoko dalam keterangannya, Jakarta, Jumat 16 September 2022.

Baca Juga: Diduga ada di Lingkaran Negara, Bjorka Reinkarnasi Akun Opposite6890

Karennya kata Moeldoko meminta penegak hukum untuk tidak abai atas aksi kebocoran data yang tejadi saat ini. Dia juga mengingatkan aksi ini mengingatkan pemerintah untuk berbenah dan mengatur ulang keamanan siber dan memberi perlindungan privasi dengan memaksimalkan teknologi dalam negeri.

"Kita tidak boleh abai mengatasi ini. Kalau kita abai, kita dianggap lemah," tutur mantan Panglima TNI itu.

Baca Juga: Situs Polri Diretas Hacker Son1x dari Brasil, Kadiv Humas Polri Bilang, Data dan Sistem Keamanan 'Aman'

Selain itu jendral purnawirawan itu menegaskan untuk meningkatkan keamanan siber perlunya melibatkan talenta Sumber Daya Manusia yang menguasai bidang tersebut. Menyusul aksi pembobolan data yang dilakukan akun bernama Bjorka.

"Kita punya teknologinya, kita punya talenta yang ahli di bidang keamanan siber. Mari kita gerakkan sumber daya itu untuk membangun pondasi demi mewujudkan kedaulatan kemananan siber nasional," tuturnya.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x