Situs Polri Diretas Hacker Son1x dari Brasil, Kadiv Humas Polri Bilang, Data dan Sistem Keamanan 'Aman'

- 21 November 2021, 21:53 WIB
Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo saat memberikan keterangan.
Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo saat memberikan keterangan. /PMJ News

BERITA SUBANG - Pihak kepolisian memberikan komentar terkait peretasan situs Polri oleh hacker dengan julukan Son1x, yang sebelumnya juga telah menjebol situs Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Peretasan ini menambah daftar situs milik institusi pemerintah yang berhasil dijebol hacker setelah sebelumnya situs BSSN dijebol oleh hacker yang sama. Yang lebih menyeramkan kali ini, hacker Son1x mengklaim ada sekitar 28 ribu data milik Kepolisian Negara Republik Indonesia yang dibocorkan dan disebar ke media sosial pada Rabu, 17 November 2021 lalu.

Merespons hal ini, Kadiv Humas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo mengatakan Mabes Polri memastikan data-data di institusinya aman pasca diduga diretas oleh seorang hacker dari Brazil tersebut.

Terungkapnya peretasan tersebut sempat viral di media sosial beberapa waktu lalu.

Dedi mengatakan bahwa server, data, aplikasi - aplikasi Polri serta sistem keamanan, hingga saat ini aman.

"Intinya untuk server, data, aplikasi - aplikasi Polri serta sistem keamanan semuanya hingga saat ini aman," kata Kadiv Humas Polri seperti dilansir dari situs resmi Polri (Polri.go.id), Sabtu, 20 November 2021.

Namun Dedi pun belum dapat menjelaskan terkait klaim si hacker perihal data anggota Polri yang berhasil disebar oleh peretas tersebut di media sosial.

Menurutnya, saat ini Direktorat Tindak Pidana Siber (Dit Tipidsiber) Bareskrim Polri tengah melakukan pendalaman untuk mencari tahu serta memburu pelaku peretas tersebut.

"Sedang ditangani oleh Dit Tipidsiber Bareskrim," ujarnya.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x