Kejagung Garap 4 Orang Jadi Saksi Korupsi Impor Baja, Pejabat Daglu Kemendag Kena Periksa

- 13 Mei 2022, 00:56 WIB
Markas Jaksa Penyidik Gedung Bundar Kejaksaan Agung
Markas Jaksa Penyidik Gedung Bundar Kejaksaan Agung /Foto: beritasubang.pikiran-rakyat.com/Edward Panggabean

BERITA SUBANG - Kejaksaan Agung mengarap empat orang sebagai saksi terkait kasus dugaan korupsi Impor Besi atau Baja Paduan dan produk turunannya tahun 2016 sampai 2022, termasuk seorang pejabat pada Direktorat Impor, pada Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan (Daglu Kemendag).

"Direktorat Penyidikan pada Jampidsus telah memeriksa empat orang saksi yang terkait dengan perkara tersebut, satu diantaranya berinisial TB selaku Kasubag Tata Usaha periode 2017-2018 dan Kasi Barang Aneka industri Periode 2018-2020 pada Direktorat Impor, pada Daglu Kemendag," kata Kapuspenkum Kejagung Ketut Sumedana, Jakarta, Kamis 12 Mei 2022.

Pemeriksaan terhadap TB sebagai saksi, kata Ketut terkait proses perijinan impor baja pada Kemendag. Selain itu pemeriksaan saksi lainnya yakni berinisial DW selaku Analis Muda Barang Konsumsi pada Kemendag.

"Saksi DW diperiksa sama seperti TB, terkait proses perijinan impor baja," ujar Ketut.

Baca Juga: Kejagung Beberkan Peran Indahsari Dirjen PLN Kemendag dan Bos Wilmar Pada Korupsi Ekspor CPO Migor

Dua saksi lainnya yang digarap, lanjut Ketut dari pihak swasta yakni berinisial AH selaku Direktur PT Prasasti Metal Utama, dan HT selaku Mantan Direktur PT Duta Sari Sejati selaku importir.

"Keduanya sama diperiksa terkait proses perijinan impor baja," tuturnya.

Para saksi tersebut kata dia diperiksa untuk memperkuat pembuktian dan melengkapi pemberkasan dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi dalam impor besi atau baja, baja paduan dan produk turunannya Tahun 2016 sampai 2021.

Baca Juga: Kejagung Tetapkan Dirjen PLN Kemendag Indrasari dan Bos Wilmar Grup Tersangka Korupsi Ekspor Minyak Goreng

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x