KIP Kuliah Merdeka 2022 Disalurkan untuk 200,000 Siswa, Simak Cara Dapatkan Biaya Pendidikan Hingga Rp12 Juta

- 13 Maret 2022, 21:35 WIB
Pendaftaran KIP Kuliah 2022 bisa dilakukan secara mandiri lewat laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui KIP Kuliah Mobile Apps
Pendaftaran KIP Kuliah 2022 bisa dilakukan secara mandiri lewat laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui KIP Kuliah Mobile Apps /Instagram @kemdikbud.ri

BERITA SUBANG - Di tahun 2021, Kemendikbud Ristek telah melakukan transformasi Kartu Indonesia Pintar Kuliah, atau biasa disebut KIP Kuliah, menjadi KIP Kuliah Merdeka yang merupakan bentuk jaminan pembiayaan pendidikan dan bantuan biaya hidup kepada para lulusan SMA, SMK atau sederajat dari keluarga kurang mampu, agar mereka dapat melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi.

"Di tahun 2022, KIP Kuliah Merdeka akan terus disalurkan sebagai upaya untuk mewujudkan mimpi melalui peningkatan modalitas ekonomi dan mobilitas sosial para siswa dari keluarga miskin dan rentan miskin yang berprestasi dari seluruh Indonesia untuk dapat
kuliah pada berbagai program studi unggulan di kampus-kampus terbaik di seluruh Indonesia," demikian tulis kata sambutan dari Suharti, Sekretaris Jenderal Kemendikbud Ristek, pada 30 Januari 2022.

Suharti dikutip dalam sebuah Dokumen Pedoman Pendaftaran Kartu Indonesia Pintar Kuliah - KIP Kuliah Merdeka 2022 oleh Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik).

Baca Juga: Cara Pencairan KIP Melalui BRI dan BNI, Cara Cek Penerima Dana PIP dengan Cek NISN untuk Siswa SD, SMP, SMA

"KIP Kuliah Merdeka harus dapat dimanfaatkan oleh lulusan SMA, SMK atau sederajat yang
memenuhi syarat di seluruh Indonesia, untuk dapat menempuh pendidikan tinggi agar dapat berkontribusi bagi pembangunan bangsa sekaligus meningkatkan taraf ekonomi keluarganya," tambahnya.

Suharti menambahkan Kemendikbudristek melalui Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) akan terus menjamin pemerataan akses pendidikan tinggi melalui KIP Kuliah Merdeka sekaligus mendukung program Merdeka Belajar yang dicanangkan pemerintah.

Pada tahun 2021, telah disalurkan bantuan KIP Kuliah untuk 200 ribu mahasiswa baru penerima dan pada tahun 2022 ditargetkan akan kembali disalurkan 200 ribu KIP Kuliah Merdeka bagi mahasiswa baru di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Cara Cairkan Dana PIP, Ternyata Pengambilan Dana PIP Dapat Dilakukan Perorangan Langsung Maupun Kolektif

"Jangan putuskan asamu, gantung cita-cita mu setinggi langit untuk mengenyam bangku kuliah di perguruan tinggi. Raih prestasi mu dan songsong masa depan yang gemilang bersama KIP Kuliah Merdeka serta wujudkan SDM Indonesia yang unggul, kompetitif dan berkarakter. Ayo wujudkan mimpi melalui KIP Kuliah Merdeka 2022," demikian kata Suharti.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x