Ancam Evaluasi Kajati Tak Optimal Tangani Korupsi Di Daerah, Jaksa Agung: Ini Bukan Targeting!

- 15 September 2021, 18:13 WIB
Jaksa Agung Burhanuddin
Jaksa Agung Burhanuddin /Foto: Puspenkum Kejagung/beritasubang.com

BERITA SUBANG - Jaksa Agung Burhanuddin ancam akan mengevaluasi jajarannya di daerah yang tak optimal dalam penanganan kasus korupsi, pasalnya dirinya tak percaya saat ini tidak ada satu daerah pun yang 100 persen bebas dari korupsi, meski ini bukan targeting untuk mengungkap tindak pidana korupsi di wilayah hukum masing Kajati dan Kajari.

"Saya ingatkan sekali lagi ini bukan targeting! Akan tetapi saya minta saudara sekalian mengoptimalisasi fungsi pemberantasan korupsi," kata Burhanuddin saat membuka Rapat Kerja Teknis (Rakernis 2021) Bidang Tindak Pidana Khusus secara virtual, Jakarta, Rabu 15 September 2021.

Dia menegaskan bahwa akan ada evaluasi kepada setiap kepala satuan kerja baik itu Kepala Kejaksaan Tinggi, Kepala Kejaksaan Negeri dan Kepala Cabang Kejaksaan Negeri yang berkinerja kurang maksimal yaitu tidak mampu mengungkap tindak pidana korupsi di wilayah hukumnya.

"Salah satu indikator tingkat kepercayaan pemerintah kepada kita dalam penanganan tindak pidana korupsi dapat diukur dengan ditambahkannya anggaran penanganan tindak pidana korupsi di setiap satker," ungkap dia.

Baca Juga: Jaksa Agung: Perlu Dikaji Efektivitas Pelaksanaan Sidang Online, Apakah Dipermanenkan atau ...

Dia berpesan dengan ditambahkannya anggaran itu maka jajarannya diminta optimalkan penanganan korupsi sebagai cara untuk menyerap habis anggaran melalui penanganan perkara tindak pidana korupsi.

"Artinya minimal setiap satker Kejari harus mampu mengangkat dua perkara tindak pidana korupsi," ungkap dia.

Namun demikian yang perlu digarisbawahi, dirinya tidak menghendaki jajarannya mengangkat kasus secara serampangan dan asal-asalan, serta diminta agar jangan menangani perkara hanya dikarenakan takut dievaluasi, tetapi tanganilah perkara korupsi sebagai bentuk dedikasi kepada masyarakat.

"Oleh karena itu dibutuhkan kerja keras, keseriusan dan komitmen saudara untuk mampu mengungkap kasus tindak pidana korupsi. Saya belum percaya apabila ada suatu daerah yang pada saat ini sudah 100 persen bebas dari kejahatan korupsi," tutur dia.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x