Wakil Jaksa Agung: Reformasi Birokrasi Rumah Besar Bagi SPIP dan Manajemen Resiko

- 14 September 2021, 18:26 WIB
Wakil Jaksa Agung yang juga Ketua Reformasi Birokrasi Kejaksaan RI Setia Untung Arimuladi
Wakil Jaksa Agung yang juga Ketua Reformasi Birokrasi Kejaksaan RI Setia Untung Arimuladi /Foto: Puspenkum Kejagung/

BERITA SUBANG - Penguatan dan konsistensi pelaksanaan program Reformasi Birokrasi di lingkungan Kejaksaan RI dalam peningkatan maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah atau SPIP diiringi dengan delapan area perubahan, yaitu, manajemen perubahan, deregulasi kebijakan, organisasi, tata laksana, SDM aparatur, akuntabilitas, pengawasan, dan pelayanan publik.

Demikian dikatakan Wakil Jaksa Agung yang juga Ketua Reformasi Birokrasi Kejaksaan RI Setia Untung Arimuladi pada webinar peningkatan maturitas SPIP Kejaksaan Republik Indonesia dengan tema "manajemen resiko” tahun 2021 secara virtual dari Gedung Menara Kartika Adhyaksa, Jakarta, Selasa 14 September 2021.

"Reformasi Birokrasi merupakan “rumah besar” bagi pelaksanaan SPIP dan manajemen resiko, sebagaimana terdapat dalam komponen pengungkit yang dibagi menjadi delapan area perubahan khususnya pada area penguatan pengawasan," ucap Setia Untung.

Kata dia, secara garis besar area penguatan pengawasan ini bertujuan untuk meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dan bebas KKN, dengan target yang ingin dicapai yakni, meningkatnya kepatuhan dan efektivitas terhadap pengelolaan keuangan negara.

"Menurunnya tingkat penyalahgunaan wewenang, meningkatkan sistem integritas dalam upaya pencegahan Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN)," tuturnya.

Lanjutnya mekanisme pengukuran pencapaian target keberhasilan pelaksanaan reformasi birokrasi bisa digunakan tiga indikator yang ada, yakni aspek pemenuhan, aspek hasil antara, dan aspek reform.

"Penerapan SPIP dan manajemen resiko berada pada indikator yang ada dalam aspek pemenuhan, dan aspek hasil antara atau dengan hasil penilaian SPIP," papanya.

Baca Juga: Setia Untung Tekankan Bangun WBK WBBM Di Era Digitalisasi Menuju Kejaksaan Modern

Dihadapan Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Jaksa Agung Muda Pengawasan Amir Yanto, Setia Untung menekan penerapan SPIP di lingkungan Kejaksaan dengan memperhatikan kondisi, telah terdapat peraturan pimpinan organisasi tentang SPIP, telah dibangun lingkungan pengendalian, identifikasi lingkungan pengendalian;

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x