Bakamla Gembleng Relawan Penjaga Laut Nusantara Untuk Melatih Kemampuan Keselamatan Laut

- 3 September 2021, 02:53 WIB
Bakamla RI beri kemampuan untuk menunjang keselamatan kepada Rapala Banyuwangi
Bakamla RI beri kemampuan untuk menunjang keselamatan kepada Rapala Banyuwangi /Foto: Humas Dan Protokol Bakamla RI/

BERITA SUBANG - Bakamla RI memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada Anggota Relawan Penjaga Laut Nusantara (Rapala) yang sudah terbentuk, dengan harapan dapat memperoleh wawasan yang bisa disalurkan kepada masyarakat pesisir lainnya di Daerah Banyuwangi, Jawa Timur.

Selain itu, juga untuk menanamkan pola pikir atas pentingnya kesadaran akan keselamatan saat pergi melaut.

Kasubdit Pengembangan Potensi Keamanan dan Keselamatan Laut (P2K2L) Bakamla RI Kolonel Bakamla Jarwadi, mewakili Direktur Kerja Sama Bakamla RI Laksma Bakamla Sandy Muchjidin Latief, menggelar pelatihan dan pembinaan 50 orang Anggota Rapala di Banyuwangi, Kamis 2 September 2021.

Menurut Kolonel Bakamla Jarwadi, pelatihan Anggota Rapala ini dipandang perlu mengingat 2/3 kondisi Wilayah Indonesia adalah perairan.

Sehingga lanjutnya untuk menjaga keamanan dan kedaulatan yang tidak dapat dijangkau hanya dengan mengandalkan aparat negara saja.

“Pembinaan nelayan dan masyarakat pesisir perlu dilakukan, mengingat bapak ibu disini termasuk garda terdepan perbatasan daratan dengan lautan," jelas Kolonel Bakamla Jarwadi.

“Besar harapan kami, melalui kegiatan pembinaan ini dapat membentuk karakter dan menambah kemampuan untuk menunjang keselamatan diri maupun orang lain," imbuhnya.

Ditengah kegiatan pembinaan ini juga turut diadakan aksi sosial. Diamananso mana sejumlah paket sembako disalurkan ke masyarakat di pesisir pantai, tepatnya di Desa Bengkak, Banyuwangi.

Kegiatan sendiri telah berlangsung sejak Rabu kemarin, dengan menghadirkan sejumlah narasumber. Seperti Kapten Laut Rianto, dari Lanal Banyuwangi dengan Materi Bela Negara. Rifqi Yudiar Abrori dari Dinas Kesehatan Banyuwangi dengan membawakan Materi Protokol Kesehatan Dalam Mengantisipasi Covid19.

Kemudian, Suryono Bintang Samudera dari Dinas Perikanan Banyuwangi yang memaparkan materi tentang Peraturan Sosial Perikanan, juga Kasi Potkamla Mayor Bakamla Riandi Yudha Gunawan, dengan Materi Sejarah dan Profil Bakamla RI.

Serta perwakilan Dinas Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Din Eka Pratiwi dengan Materi tentang Inovasi Usaha Kreatif Produk Olahan Hasil Laut. Dan terakhir Kasi Binmasair dan Potdriga Polairud Banyuwangi Kompol Jeni Al Jauza, menguraikan Materi Pencegahan dan Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah