Gus Yaqut Ucapkan Selamat Atas Berdirinya Universiti Muhammadiyah Malaysia, Perguruan Tinggi di Negeri Jiran

- 15 Agustus 2021, 16:36 WIB
/Dok. Kemenag.go.id/



BERITA SUBANG - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, yang akrab dipanggil Gus Yaqut, menyambut baik berdirinya perguruan Tinggi Muhammadiyah, yang kini juga hadir di Malaysia. Ia berharap UMAM dapat berkembang menjadi kampus pencerahan di Asia Tenggara.

"Selamat atas berdirinya Universiti Muhammadiyah Malaysia (UMAM). Internasionalisasi gerakan Muhammadiyah ini merupakan wujud perluasan dakwah Muhammadiyah di bidang pendidikan dalam rangka memperkuat ukhuwah antarbangsa," kata Menag Gus Yaqut di Jakarta, Jumat 13 Agustus 2021, seperti dikutip dari pernyataan tertulis di laman resmi Kementrian Agama RI.

Menurut Menag, Muhammadiyah merupakan salah satu kekuatan sipil Islam yang konsisten menyuarakan moderasi beragama dan kemajuan Islam.

Baca Juga: Vicon Menag Yaqut Cholil Qoumas - Dubes Bahas Sinergi Indonesia-UEA: Ada 100 Imam Masjid Dikirim ke Abu Dhabi?

"Saya sangat bangga, kehadiran UMAM memperkokoh komitmen Islam Indonesia menjadi kekuatan pencerahan di Asia Tenggara. Sekali lagi, selamat atas berdirinya UMAM," tegasnya.

UMAM saat ini menawarkan 15 program studi yang terbagi di lima program studi S3 atau Ph.D, yakni prodi bisnis dan manajemen, pendidikan, studi Islam, ilmu sosial, dan teknologi-informasi.

Dalam situs resminya Muhammadiyah (muhammadiyah.or.id), Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyatakan pada keterangan tertulisnya 12 Agustus lalu, UMAM telah memperoleh izin resmi dari Pemerintah Malaysia melalui Jabatan Pendidikan Tinggi pada Kementerian Pengajian Tinggi Malaysia tertanggal (tarikh) 5 Agustus 2021.

Baca Juga: Waspadai Hoaks Ini : Beredar di Medsos Penerapan Aturan Salat Jumat Dua Gelombang Ganjil Genap

"Kelulusan pendirian (kelulusan penubuhan) UMAM melalui perjuangan dan usaha yang bersungguh-sungguh tiada henti sejak awal tahun 2017 melalui tim yang dibentuk oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah antara lain dengan mendirikan University Consortium Muhammadiyah Malaysia (UCMM Konsortium) bersama para pihak di Malaysia," demikian tulis Muhammadiyah dalam keterangan tertulisnya.

"Pendirian UMAM merupakan tonggak baru Perguruan Tinggi Indonesia pertama di Luar Negeri yang dimaksudkan sebagai perluasan gerakan mencerdaskan kehidupan bangsa dan pengembangan pendidikan tinggi di ranah global yang diawali dari kawasan bangsa serumpun di regional ASEAN yang berfungsi strategis mewujudkan kemajuan dan persatuan antarbangsa untuk membangun peradaban bersama yang mencerahkan di bawah panji Islam Berkemajuan yang berwawasan rahmatan lil-‘alamin," tambah organisasi Muslim terbesar ke-dua di Indonesia ini.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x