Luncurkan Core Values BerAKHLAK dan Employer Branding Aparatur ASN, Jokowi Ingatkan Hilangkan Ego Sektoral

- 27 Juli 2021, 18:00 WIB
Jokowi saat meluncurkan Core Values BerAKHLAK dan Employer Branding Aparatur ASN Bangga Melayani Bangsa
Jokowi saat meluncurkan Core Values BerAKHLAK dan Employer Branding Aparatur ASN Bangga Melayani Bangsa /Foto: Tangkaplayar YouTube Setpres/beritasubang.pikiran-rakyat.com

BERITA SUBANG - Presiden Joko Widodo menegaskan kepada aparatur sipil negara (ASN) di pusat dan daerah untuk tidak mengandalkan ego sektoral, diharapkan para ASN mempunyai core velues yang sama dengan memegang teguh nilai-nilai dasar serta mempunyai semboyan yang sama dalam pelaksanaan tugasnya.

“ASN yang bertugas sebagai pegawai pusat maupun pegawai daerah harus mempunyai core values yang sama. ASN yang berprofesi sebagai dosen, guru, jaksa, dokter, perawat, analis kebijakan, sebagai administratur, juga petugas Satpol PP, seharusnya mempunyai nilai dasar yang sama,” ujar Jokowi saat meluncurkan Core Values BerAKHLAK dan Employer Branding Aparatur ASN “Bangga Melayani Bangsa”, secara virtual dari Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, 27 Juli 2021.

Dia menegaskan peluncuran branding ASN itu bertujuan untuk menyeragamkan nilai dasar ASN yang saat ini masih bervariasi di setiap instansi pemerintahan baik pusat maupun daerah.

Baca Juga: Viral, Video Mengungkap Sosok Pengkhianat di Balik Demontrasi Jokowi End Game

Adapun BerAKHLAK merupakan singkatan dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Karena itu, kata Jokowi diperlukan kolaborasi lintas organisasi karena terdapat banyak tantangan yang tidak bisa dipecahkan oleh satu dinas, satu daerah, satu kementerian atau lembaga, maupun satu keahlian dan satu disiplin ilmu.

“Kolaborasi lintas organisasi, lintas daerah, lintas ilmu, lintas profesi, menjadi sangat penting. Semua masalah selalu lintas sektor dan lintas disiplin. Saat ini dunia menjadi serba hybrid, serta kolaboratif, tidak boleh lagi ada ego, baik ego sektor, ego daerah, dan ego ilmu,” ungkapnya.

Jokowi juga menekankan bahwa ASN harus mempunyai orientasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Menurutnya ASN bukan pejabat yang justru minta dilayani, yang bergaya seperti pejabat zaman kolonial dulu.

"Itu tidak boleh lagi, bukan zamannya lagi. Setiap ASN harus mempunyai jiwa untuk melayani, untuk membantu masyarakat,” tegasnya.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah