Ridwan Kamil: Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan Selesai Akhir 2021, Hubungkan Bandung dan Bandara Kertajati

- 20 Juli 2021, 13:42 WIB
Ridwan Kamil Rayakan Idul Adha di Rumah Dinas, Optimalkan Hari Tasyriq dan Beli Hewan Kurban Via Online.
Ridwan Kamil Rayakan Idul Adha di Rumah Dinas, Optimalkan Hari Tasyriq dan Beli Hewan Kurban Via Online. /Biro Adpim Jabar/Rizal/

BERITA SUBANG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan infrastruktur jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) yang menghubungkan Bandung dan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati ditargetkan selesai pada akhir 2021.

Ridwan Kamil mengatakan ia berharap dengan selesai dibangunnya jalan tol ini, kegiatan di Bandara Kertajati yang selama ini masih sunyi, dan belum menggeliat, dapat terdongkrak. 

"Rencananya enam bulan lagi atau akhir tahun ini baru selesai," kata Ridwan Kamil dalam acara virtual Investor Daily Summit 2022 dengan tema Peran Pemda Jawa Barat dalam Mewujudkan Infrastruktur Logistik yang Berdaya Saing dari Gedung Pakuan, Bandung, Selasa, 20 Juli 2021.

Gubernur yang akrab dipanggil Kang Emil ini juga memaparkan target penyelesaian proyek infrastruktur lainnya seperti kereta cepat Jakarta-Bandung yang diharapkan dapat beroperasi pada akhir 2022.

Menurut rencana, seluruh beton kereta cepat Jakarta-Bandung sudah tersambung sepenuhnya pada Januari 2022.

"Kalau tidak salah, akhir tahun depan di bulan Januari proyek kereta cepat Jakarta-Bandung akan tersambung betonnya. Kemudian relnya pada pertengahan tahun depan dan diharapkan mulai percobaan kereta pertama pada bulan Oktober 2022," katanya.

Infrastruktur kereta cepat, kata Kang Emil, dapat menciptakan pusat pertumbuhan ekonomi baru yakni di Kabupaten Karawang, Walini dan juga Tegalluar di Kabupaten Bandung.

"Kalau tanpa ada kereta cepat tidak akan mungkin logika itu hadir, investor juga susah. Namun dengan kereta cepat akan lahir tiga kota baru, di Karawang, di Walini dan di daerah Tegalluar di daerah Kabupaten Bandung," kata Ridwan Kamil.

Dalam acara virtual Investor Daily Summit tersebut, Widyaiswara Utama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Danis Hidayat Sumadilaga menambahkan dengan selesainya tol Cisumdawu, maka akan menggenapkan panjang tol di Indonesia menjadi 5.103 kilometer pada 2024.

"Pada 2020-2024 di antaranya, terdapat 2.500 kilometer jalan tol baru atau yang beroperasi di antaranya di Jawa Barat. Tentunya ini memerlukan dukungan pembiayaan agar terjadi perputaran dari jalan tol yang sudah ada ke jalan tol yang baru," kata Danis.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x