Menkeu Klaim Pendapatan Negara Mei 2021 Tumbuh Membaik Seiring Penanganan Pandemi Covid-19

- 22 Juni 2021, 17:35 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani
Menteri Keuangan Sri Mulyani /Kemenkeu.go.id

BERITA SUBANG - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengklaim pertumbuhan pendapatan negara bulan Mei 2021 membaik seiring peningkatan kinerja belanja dan investasi untuk penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Mengutip dari laman Seskab.go.id, Jakarta, Selasa, 22 Juni 2021, hal itu kata dia, dengan meningkatnya pertumbuhan pajak dan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP), serta terjaganya kepabeanan dan cukai. Dimana, penerimaan pajak membaik dari pagu Rp1.229,6 triliun realisasinya Rp459,6 triliun atau 37,4 persen dari target, meningkat 3,4 persen dari nominal pajak yang dikumpulkan pada Mei tahun 2020.

"Jadi kalau dibandingkan year-on-year ada peningkatan. Tentu ini adalah sangat baik karena saat ini proses pemulihan dan peningkatan pajak ini tentu harus berjalan secara alamiah sedikit demi sedikit bersamaan dengan insentif yang terus kita berikan juga kepada perekonomian," ungkap Sri Mulyani.

Lanjut dia, untuk penerimaan bea cukai, dari pagu sebesar Rp215 triliun terealisasikan Rp.99,32 triliun atau 46,2 persen dari target. Realisasi pendapatan bea cukai tumbuh 21,6 persen dari target.

Baca Juga: Dukung Program Penyediaan Satu Juta Rumah, Kemenkeu Pinjamkan Rp 650 M ke Perumnas

Dengan rincian, kata dia bea masuk tumbuh 3,56 persen dipengaruhi oleh tren kinerja impor nasional yang meningkat, cukai tumbuh 11,9 persen didorong pertumbuhan Cukai Hasil Tembakau, dan bea keluar tumbuh 844,6 persen.

"Itu didorong oleh peningkatan ekspor komoditi tembaga dan tingginya harga produk kelapa sawit," ujarnya.

Sri Mulyani menambahkan selain itu bea cukai juga memberikan insentif fiskal untuk alat kesehatan, vaksin, dan juga bagi dunia usaha secara umum dalam bentuk pembebasan bea masuk dan pajak dalam rangka impor.

"Kalau kita lihat masih didominasi juga oleh alat-alat kesehatan terutama impor vaksin yang memang sangat tinggi,” ujar Sri Mulyani.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x