Adelin Lis Tiba di Indonesia Pakai Garuda Indonesia, Burhanuddin Gelar Konpers di Kejagung

- 19 Juni 2021, 21:39 WIB
Tangan di borgol buronan kakap terpidana Adelin Lis Tiba di Indonesia diapit oleh Jaksa eksekutor saat di Bandara Soekarno-Hatta.
Tangan di borgol buronan kakap terpidana Adelin Lis Tiba di Indonesia diapit oleh Jaksa eksekutor saat di Bandara Soekarno-Hatta. /Foto: jejaring beritasubang/

BERITA SUBANG - Buronan kakap Adelin Lis akhirnya tiba di Indonesia dari Singapura dengan pesawat komersial Garuda Indonesia yang tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu, 19 Juni 2021 sekira pukul 19.56 WIB.

Dengan pengawalan ketat tim jaksa eksekutor yang dipimpin oleh Jaksa Agung Muda Intelijen Sunarta, Adelin Lis dengan tangan di borgol langsung dibawa ke Kejaksaan Agung untuk di proses dan selanjutnya sementara dijebloskan ke penjara Rutan Salemba Cabang Kejaksaan Agung. Kemudian dimasukan ke Lapas untuk menjalani hukuman badan selama 10 tahun penjara sesuai putusan Mahkamah Agung yang telah berkekuatan hukum tetap.

Jaksa Agung Burhanuddin mengatakan pemulangan terpidana Adelin Lis dengan pesawat komersial Garuda Indonesia GA 837, setelah beberapa hari lalu ditangkap oleh pemerintah Singapura atas kasus paspor palsu hingga di deportasi.

"Pada malam tadi sekitar Jam 19.56 WIB sudah mendarat pesawat Garuda Indonesia yang membawa terpidana saudara Adelin Lis yang bersangkutan ditangkap di Singapura atas pengunaan paspor palsu atas nama Hendro Leonardi," kata Burhanuddin saat menyampaikan keterangan persnya di Kejagung, Jakarta, Sabtu, 19 Juni 2021 malam.

Baca Juga: Kejagung Siapkan Tiga Skenario Jelang Penjemputan Buronan Kakap Adelin Lis 18 Juni 2021

Dia juga mengatakan pemulangan ini atas dukungan dari Jaksa Agung Singapura Lucien Wong dan kerjasama Kementerian Luar Negeri dalam hal ini Kedutaan Besar RI di Singapura.

"Pemulangan ini berkat dukungan otoritas pemerintah Singapura dan kerjasama Kementerian Luar Negeri yang ada di Singapura khususnya dukungan dari Jaksa Agung Singapura. Dan sampai saat ini kita bersyukur terpidana saudara Adelin Lis sudah kita bawa kesini," tutur Burhanuddin.

Baca Juga: Burhanuddin Berniat Jemput Buronan Kakap Adelin Lis, Kemenlu Singapura Tak Izinkan

Dia menambahkan saat kabar ditangkapnya Adelin Lis, Kejaksaan Agung selalu kordinasi dengan Kemenlu yang ada di Singapura melalui KBRI di negara tersebut.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x