Jokowi Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Secara Virtual Dari Istana Bogor

- 1 Juni 2021, 11:16 WIB
Jokowi pimpim upacara hari lahir Pancasila secara virtual dari istana Bogor
Jokowi pimpim upacara hari lahir Pancasila secara virtual dari istana Bogor /Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev/

BERITA SUBANG - Presiden Joko Widodo pimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Selasa, 1 Juni 2021. Pelaksanaan upacara dipusatkan di halaman Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri RI, dengan jumlah terbatas.

Sebagai inspektur upacara Jokowi dengan mengenakan pakaian adat khas Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Bertindak selaku perwira upacara Brigjen TNI Novi Helmy Prasetya yang saat ini bertugas sebagai Kepala Staf Komando Garnisun I Jakarta, sedangkan sebagai Komandan Upacara adalah Kolonel Infanteri Muhammad Imam Gogor, asisten operasi Paspampres.

Para pejabat yang mengikuti upacara dilakukan dikediamannya masing-masing antara lain Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin, Presiden RI ke-6 Megawati Soekarnoputri dan Wakil Presiden RI ke-6 Try Sutrisno serta pejabat lainnya.

Baca Juga: Kumpulan Ucapan Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni Para Tokoh Nasional

Pada upacara tersebut, Ketua MPR Bambang Soesatyo bertugas membacakan Pancasila sedangkan Ketua DPR Puan Maharani membacakan teks Pembukaan UUD 1945.

Jalannya upacara diawali dengan laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara yang dilanjutkan dengan mengheningkan cipta.

“Untuk mengenang jasa para pahlawan dan pejuang-pejuang bangsa, Mengheningkan Cipta, mulai,” ujar Jokowi..

Selanjutnya Jokowi menyampaikan amanat yang dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

Baca Juga: Presiden Jokowi Dorong Tingkat Serapan Belanja, Tidak Menolelir Penyelewengan Anggaran

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x