Berantas Sparatis di Tanah Papua, Ucapan Bamsoet Bikin Bulu Kudu Merinding Bahkan Siap Pasang Badan

- 28 April 2021, 21:02 WIB
Ketua MPR Bambang Sosatyo
Ketua MPR Bambang Sosatyo /Doc. Ig Bambang,Soesatyo/

 

BERITA SUBANG - Ketua MPR Bambang Soesatyo mengatakan negara berkewajiban merespons dengan tegas aksi Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) memerangi negara selama ini, yang ditandai dengan pembunuhan Kepala BIN Daerah Papua Mayjen Anumerta I Gusti Putu Danny Karya Nugraha, dan sejumlah prajurit TNI-Polri, serta warga sipil hingga pembakaran sekolah, rumah, dan properti lain milik masyarakat.

"Kalau sekarang negara mau bertindak tegas, apakah itu melanggar HAM? Ini bukan soal pengabaian HAM. Ini soal keselamatan rakyat. Memangnya para pembunuh rakyat tak berdosa itu peduli HAM?" tegas Ketua MPR Bambang Soesatyo seperti dikutip dari Instagramnya, Jakarta, Rabu, 28 April 2021.

Baca Juga: Kapolri Perintahkan Pasukan Nemangkawi TNI-Polri Tak Gentar Buru Kelompok Kriminal Bersenjata di Papua

Penegasan ini kata dia, menanggapi pernyataan sikap dan pola pikir PHBI dalam memandang kekerasan bersenjata yang berkelanjutan di tanah Papua, yang sudah begitu banyak menelan korban jiwa.

"PHBI harusnya juga menghayati dan bersimpati kepada semua pihak yang anggota keluarganya menjadi korban kekerasan bahkan pembunuhan oleh KKB," kata Bamsoet.

Baca Juga: Jokowi Naikan Pangkat dan Bintang Jasa Jalasena ke 53 Awak KRI Nanggala-402, Hingga Jaminan Sekolah Keluarga

Ketua DPR RI ke-20 itu juga menegaskan, untuk keutuhan NKRI dia siap bertanggung jawab. Terpenting para pembunuh gerakan sparatis dan teroris itu dimusnahkan dahulu.

"Yang penting para pembunuh, anggota gerakan separatis dan teroris yang tidak peduli HAM, itu musnah dan rata dulu. Sehingga rakyat Papua bisa hidup tenang dan damai kembali. Jika ada yang mempersoalkan statement saya, soal HAM kita bicarakan kemudian, sebagai pimpinan MPR saya siap pasang badan dan bertanggung jawab," tegasnya.

Baca Juga: Bersedih! Jokowi Ajak Berdoa Begitu Panglima TNI dan Kasal Menaikan Status KRI Nanggala-402 Jadi Tenggelam

Halaman:

Editor: Edward Panggabean

Sumber: Instagram @movreview


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x