Naik Pangkat Jadi Mayjen Anumerta TNI, I Gusti Putu Danny Karya Nugraha akan Dimakamkan di Kalibata

- 26 April 2021, 09:35 WIB
Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) Papua, Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha Karya tewas ditembak KKB di Papua, Minggu, 25 April 2021.
Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) Papua, Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha Karya tewas ditembak KKB di Papua, Minggu, 25 April 2021. /Puspen TNI

BERITA SUBANG - Jenazah Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) Papua Mayjen Anumerta TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha akan dimakamkam di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta.

"Pemakaman dilakukan setelah jenazah tiba di Jakarta dari Timika, Papua. Saat ini telah dilaksanakan proses evakuasi dari lokasi kejadian dan hari ini Senin akan dibawa ke Timika yang kemudian diterbangkan ke Jakarta guna dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata," ujar Deputi VII Badan Intelijen Negara (BIN) Wawan Hari Purwanto, Senin 26 April 2021.

Wawan mengatakan bahwa I Gusti Putu Danny Karya Nugraha pangkatnya dinaikkan satu tingkat dari Brigadir Jenderal (Brigjen) menjadi Mayor Jenderal (Mayjen) Anumerta I Gusti Putu Danny Karya Nugraha.

Baca Juga: Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir Ajak Salat Ghaib, Ucapkan Duka Cita Atas Gugurnya 53 Prajurit KRI Nanggala

Baca Juga: Kepala BIN Papua Brigjen TNI Putu Dani Gugur di Tembak Kelompok Bersenjata Di Distrik Beoga Minggu Sore

Wawan mengatakan, gugurnya Kabinda Papua ini merupakan bentuk nyata pengorbanan BIN dalam mempertahankan kedaulatan NKRI. Insiden ini juga menjadi simbol pengabdian BIN dalam menjalankan undang-undang (UU), yaitu sebagai lini terdepan dalam sistem keamanan nasional.

"Kejadian ini tidak akan menyurutkan mental dan moril insan intelijen maupun aparat keamanan lainnya dalam memberantas segala ancaman nasional," kata Wawan.

Mayjen Anumerta I Gusti Putu Danny Karya Nugraha gugur setelah terlibat kontak tembak dengan KKB di Kampung Dambet, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua, Minggu 25 April 2021.

Kontak tembak tersebut terjadi akibat KKB melakukan penghadangan dan penyerangan terhadap rombongan Kabinda. ***

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x