'Ingat, Kita Berada di Ring of Fire' Pesan Jokowi dan Kepala BNPB Doni Monardo Terkait Gempa di Malang, Jatim

- 11 April 2021, 20:07 WIB
Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo (tengah) meninjau salah satu titik bencana di Desa Wirotaman, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Minggu, 11 April 2021.
Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo (tengah) meninjau salah satu titik bencana di Desa Wirotaman, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Minggu, 11 April 2021. /ANTARA/Vicki Febrianto/aa./

BERITA SUBANG - Indonesia termasuk di wilayah yang disebut 'Ring of Fire', yang berarti negara kepulauan ini berada di jalur gempa teraktif di dunia karena dikelilingi Cincin Api Pasifik dan berada di atas tiga tumbukan lempeng benua, yakni yakni, Indo-Australia dari sebelah selatan, Eurasia dari utara, dan Pasifik dari timur.

Presiden Joko Widodo dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo mengingatkan hal ini terkait bencana gempa Malang yang terjadi baru-baru ini.

“Saya perlu mengingatkan bahwa kita ini berada di wilayah ring of fire, di wilayah cicin api, oleh karena itu, aktivitas alam dapat terjadi setiap saat,” kata Jokowi dalam acara jumpa pers Minggu, 11 April 2021.

Presiden Jokowi meminta kepada seluruh kepala daerah di Indonesia untuk selalu waspada terhadap kemungkinan terjadinya bencana alam.

"Saya mengingatkan kepada gubernur bupati dan wali kota untuk terus mengimbau masyarakat untuk mempererat kerja sama dan meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan akan datangnya sebuah bencana,” kata Jokowi.

Dihimpun dari berbagai sumber, kondisi geografis Indonesia yang terletak di 'Ring of Fire' membuat negeri ini rawan berbagai bencana termasuk letusan gunung api, gempa bumi, hingga tsunami. 

Baca Juga: Update Gempa Malang Terkini - Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa: Pemprov Tanggung Biaya Korban Luka

Tidak semuanya buruk, sisi positifnya adalah tanah di Indonesia menjadi subur dan kaya secara hayati.

Usai bencana, debu akibat letusan gunung berapi dapat menyuburkan tanah. 

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x