Safari Tolak Kelanjutan Otsus Papua, Natalius Pigai Temui Fraksi PKB, Jokowi Diminta Bekukan UU Otsus

- 18 Februari 2021, 15:24 WIB
Natalius Pigai menemui Ketua Fraksi PKB DPR RI Cucun Ahmad Syamsurijal.
Natalius Pigai menemui Ketua Fraksi PKB DPR RI Cucun Ahmad Syamsurijal. /Foto: Natalius Pigai/doc. beritasubang.pikiran-rakyat.com/

BERITA SUBANG - Kembali safari kunjungan mantan Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai menemui anggota DPR RI terkait penolakan kelanjutan otonomi khusus (Otsus) Papua di Kompleks Senayan, Jakarta, Rabu, 17 Februari 2021.

Natalius Pigai kali ini menemui Ketua Fraksi PKB DPR RI Cucun Ahmad Syamsurijal dan dua anggotanya Fathan dan Yanuar. Pada pertemuan itu Pigai mendiskusikan mengenai, Undang-undang (UU) Otsus Papua No. 21 tahun 2021 yang telah berlangsung selama 20 tahun.

Baca Juga: Natalius Pigai Nilai 20 Tahun UU Otsus Papua Tak Efektif, Pemerintah Diminta Perlu Ada Perundingan

"Namun dalam implementasinya belum efektif dan efisien. Karena itu menurut Pigai, berkaitan dengan berakhirnya pemberlakuan UU Otsus, rakyat Papua menolak secara tegas untuk melanjutkan kebijakan Otsus Papua tersebut," ucap Natalius Pigai dalam kereranganya, kepada beritasubang. pikiran-rakyat. com, Jakarta, Kamis, 18 Februari 2021.

Menurut Pigai, melanjutkan status Otsus Papua, dan pembentukan daerah otonomi baru (DOB) di Papua serta kebijakan turunan terkait lainnya, dinilainya bukan lagi kebijakan yang perlu untuk dilaksanakan oleh pemerintah dalam waktu-waktu ke depan.

Baca Juga: Pertemuan Natalius Pigai dan Abu Janda Dicurigai Petinggi Gerindra Intervensi Proses Hukum Kasus Rasisme

"Kebijakan seperti itu sudah tidak relevan pada era modern di Papua," ungkapnya.

Karena itu Natalius Pigai, merekomendasikan kepada Presiden Jokowi untuk membekukan pelaksanaan UU Otsus Papua No.21 tahun 2001 pada tahun 2021 ini, sebelum melakukan perundingan dengan rakyat Papua.

"Sebelum perundingan itu dilaksanakan, pemerintah dapat mengeluarkan Perppu terkait Papua," ujar dia.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x