Demokrat di Kudeta?, Ini Sosok AHY Eks Pamen TNI Milenial Dengan Berderet Gelar Sarjana

- 3 Februari 2021, 13:42 WIB
Mayor Inf. Purn. H. Agus Harimurti Yudhoyono, M.Sc., M.P.A., M.A. menerima penghargaan saat sekolah militer di Amerika Serikat masih berpangkat Kapten.
Mayor Inf. Purn. H. Agus Harimurti Yudhoyono, M.Sc., M.P.A., M.A. menerima penghargaan saat sekolah militer di Amerika Serikat masih berpangkat Kapten. /Foto: Tangkapan dari situs demokrat.or.id/

BERITA SUBANG - Bagi kaum milenial, pengen tahu siapa sosok Agus Harimurti Yudhoyono yang saat ini tengah ramai diperbincangkan soal 'Kudeta' Partai Demokrat, dan sedang beradu isu sama sang seniornya mantan Paglima TNI Moeldoko.

Ternyata mantan perwira menengah (Pamen) TNI yang berderet gelar sarjana di pundaknya itu kerap disapa AHY itu, terakhir di militer berpangkat Mayor Infantri purnawirawan.

Di depan nama lengkap AHY ada huruf H loh, ternyata dia telah menunaikan rukun Islam ke lima, pergi Haji, nah dibelakang namanya  sederet gelar sarjana akademis ada M.Sc., M.P.A., M.A.

Jadi pria 42 tahun kelahiran Bandung, Jawa Barat, 10 Agustus 1978 lalu itu jika ditulis lengkap namanya menjadi Mayor Inf. Purn. H. Agus Harimurti Yudhoyono, M.Sc., M.P.A., M.A.

Nah, sosok AHY yang berpostur tubuh tinggi  tegap dan macho itu, diketahui suami dari Annisa Larasati Pohan yang merupakan artis iklan dan presenter tv program selebritis, mereka memiliki putri tunggal bernama Almira Tungga Dewi Yudhoyono.

AHY akrab disapa merupakan Direktur Eksekutif The Yudhoyono Institute (TYI) dan pendiri AHY Foundation. Sebelumnya, ia berkarier sebagai militer profesional di TNI selama 16 tahun.

AHY menjadi lulusan terbaik dari Akademi Militer tahun 2000 dan meraih penghargaan Presiden RI, Bintang Adi Makayasa.

Saat berdinas di TNI AD, AHY mengemban tugas operasi pemulihan keamanan di Aceh tahun 2002 dan operasi perdamaian PBB di Libanon tahun 2006.

Ia juga menjadi salah satu pendiri Universitas Pertahanan Indonesia. Tahun 2015, AHY memimpin salah satu satuan pengamanan Ibu Kota, sebagai Komandan Batalyon Infanteri Mekanis 203/Arya Kamuning, di bawah Brigif 1/PIK, Kodam Jaya.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x