Intruksi Jokowi Maksimalkan Pencarian Bangkai Pesawat Sriwijaya Air SJ 180, Basarnas Tim Komando

- 10 Januari 2021, 11:18 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi berkoordinasi dengan Tim Sar
Menhub Budi Karya Sumadi berkoordinasi dengan Tim Sar /birokomunikasi.dephub/

BERITA SUBANG-Presiden Joko Widodo intruksikan kepada tim Sar untuk mencari jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182 yang jatuh diperairan Pulau Laki, Kepulauan Seribu, Jakarta pada Sabtu, 9 Januari 2021 secara maksimal.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Panglima TNI dan Kabasarnas, Ketua KNKT, Dirut Jasa Raharja dan Dirjen Perhubungan Udara, pun meninjau titik yang diduga menjadi lokasi jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 tersebut.

BACA Juga: Pesawat Sriwijaya Air SJ182 Hilang, Begini Kronologisnya Kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

Dengan menggunakan Kapal KRI John Lie milik TNI, pada Minggu 10 Januari 2021. Menhub Budi Karya menegaskan, komando pencarian dan pertolongan (search and rescue) adalah Basarnas, didukung oleh instansi terkait lainnya.

“Sekali lagi kami sampaikan duka mendalam atas terjadinya musibah ini. Pak Presiden telah menginstruksikan kami untuk melakukan upaya pencarian secara maksimal dan hari ini kami bersama stakeholder Basarnas, KNKT, TNI, Polri, dan lainnya akan melihat lokasi ditemukannya serpihan pesawat,” jelas Menhub di Pelabuhan Tanjung Priok.

Ditegaskan Budi Karya, Basarnas akan menyampaikan informasi secara berkala dari waktu ke waktu terkait dengan kondisi terkini pencarian dan pertolongan yang dilakukan.

BACA Juga: Sriwijaya Air SJ182 Jatuh di Pulau Laki, Polri Turunkan Armada Laut dan Udara

Kepala Basarnas, Bagus Puruhito mengatakan, pihaknya melaksanakan tiga metode pencarian yaitu pencarian melalui udara dengan helikopter, pencarian di laut menggunakan kapal, dan pencarian di bawah permukaan laut menggunakan kapal yang memiliki alat pendeteksi bawah laut.

"Dalam melakukan tugas pencarian dan pertolongan, Basarnas diukung oleh berbagai instansi terkait lainnya seperti : TNI, Polri, KPLP Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub, dan instansi terkait lainnya," papar dia.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x