Pelabuhan Patimban Resmi Beroperasi, Warga Sekitar Dapat Apa?

- 20 Desember 2020, 17:44 WIB
Presiden Joko Widodo dan Menteri Perhuhungan Budi Karya menyaksikan peluncuran perdana Pelabuhan Patimban.
Presiden Joko Widodo dan Menteri Perhuhungan Budi Karya menyaksikan peluncuran perdana Pelabuhan Patimban. /Tangkap Layar Youtube Sekretariat Presiden/BPMI Setpres


BERITA SUBANG-Presiden Joko Widodo menyaksikan soft louncing atau peluncuran perdana pengoperasian Pelabuhan Internasional Patimban, Subang, Jawa Barat, Minggu 20 Desember 2020.

Presiden RI Joko Widodo hadir secara virtual, sedangkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi hadir langsung di Pelabuhan Patimban tersebut.

Presiden dan Menhub saat soft lounching tersebut ikut menyaksikan proses pengangkutan ratusan mobil baru, dengan mengunakan kapal MV. Suzuka Ekpress milik PT Toyofuji Shipping Co.,Ltd yang dibawa ke negara Brunei Darusasalam.

Dari keterangan pers yang dirilis Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub, Kapal itu setidaknya mengangkut 140 unit kendaraan merek Toyota, Daihatsu, dan Suzuki.

Menurut Menhub Budi Karya, Pelabuhan Patimban merupakan pelabuhan utama yang dibangun dengan salah satu pertimbangan utama untuk mengurangi biaya logistik dan memperlancar arus barang.

"Serta mengurangi beban kendaraan barang di jalan raya khususnya di wilayah Jabodetabek," ucapnya.

Kata Budi Karya, Pelabuhan Patimban akan disinergikan dengan Pelabuhan Tanjung Priok dan diharapkan dapat mengefisiensikan waktu dan biaya logistik.

"Khususnya untuk menekan biaya logistik nasional dan meningkatkan efisiensi biaya ekspor produk Indonesia ke luar negeri, salah satunya produk otomotif,” tutur Menhub Budi.

Dia menekankan, proses pembangunan Pelabuhan, selain fokus pada percepatan pembangunan infrastruktur, Kemenhub juga memperhatikan aspek ekonomi dan sosial bagi masyarakat sekitar.

Dengan melakukan aksi sosial dan secara aktif memberikan pelatihan seperti pelatihan kewirausahaan, pelatihan pemberdayaan masyarakat, serta pemberian program keahlian bagi para Nelayan sekitar.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x