Ini Pentingnya Menghadirkan Penyiaran Digital di Wilayah Perbatasan Indonesia

- 12 Desember 2020, 20:28 WIB
Menteri Kominfo Johnny G. Plate
Menteri Kominfo Johnny G. Plate /Twitter @PlateJohnny

BERITA SUBANG - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate memaparkan tiga hal strategis yang diemban dari hadirnya penyiaran digital di wilayah perbatasan negara.

Menurut dia, semua itu dimulai dari perspektif/sudut pandang keamanan dan kedaulatan negara, pengukuhan nilai-nilai dan wawasan kebangsaan, serta peningkatan kecerdasan dan kualitas SDM.

"Nilai strategis penyiaran televisi digital kita di perbatasan negara penting dari posisi geografis-nya sebagai gerbang terdepan, beranda terdepan, beranda di muka Indonesia baik ke Timur, ke Barat, ke Selatan maupun ke Utara," kata Menteri Johnny, seperti dikutip pada keterangan resmi Kemkominfo, Sabtu, 12 Desember 2020. 

Baca Juga: Dua Kali Mangkir Pangilan, Tersangka Sobri Lubis cs di Acara Rizieq Shihab Polisi Beri Ultimatum

Johnny berbicara pada acara 'Sosialisasi dan Publikasi Menjaga Indonesia dan Perbatasan Melalui Penyiaran Televisi Digital' yang berlangsung di Bali.

Indonesia, kata dia, adalah negara dengan populasi penduduk dan wilayah terbesar di Asia Tenggara sehingga memiliki posisi yang sangat penting dan strategis bagi stabilitas keamanan regional.

Nilai strategis kedua, menurut Menteri Johnny yang juga sangat relevan adalah pentingnya pemerataan akses informasi kepada masyarakat di wilayah perbatasan negara dalam hal pengukuhan nilai dan wawasan kebangsaan.

"Bahwa perlu dimanfaatkan rasa memiliki Indonesia, sense of belonging, kecintaan akan bangsa dan negara dan semua isi kehebatannya."

Baca Juga: Mau Jadi Koordinator Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI? Cek Disini Caranya

"Dengan kehadiran televisi digital tentunya diharapkan arus informasi dari sumber-sumber kredibel dapat diverifikasi maupun informasi layanan pemerintah untuk masyarakat dapat  tersampaikan dengan baik, dengan menyeimbangkan arus informasi dari berbagai media," jelas Menteri Johnny.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah