PDIP Pastikan Kemenangan di Kota Surabaya Ditengah Badai Korupsi yang Menimpa Kader-kadernya

- 9 Desember 2020, 23:17 WIB
Debat Publik Pilkada Surabaya 2020
Debat Publik Pilkada Surabaya 2020 /Jurnal Presisi//Instagram@kpukotasurabaya/

BERITA SUBANG - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sukses memenangkan Pilkada Kota Surabaya 2020 setelah pasangan Eri Cahyadi-Armuji meraih suara terbanyak berdasarkan hitung cepat sejumlah lembaga survei.

Eri-Armuji unggul atas lawan politiknya Machfud-Mujiaman yang diusung hampir semua parpol besar.

Hasil hitung cepat yang dilakukan oleh Populi Center, Rabu 9 Desember menunjukkan, dari 84,40 persen data suara yang masuk, Eri -Armuji meraih 56,19 persen, sedangkan Machfud Arifin-Mujiaman hanya meraih 43,81 persen suara.

Baca Juga: Bukan Kaleng-Kaleng, Koalisi Besar Gagal Runtuhkan Dominasi PKS di Depok

Lembaga Poltracking juga memenangkan pasangan yang diusung PDIP dan PSI itu. Dari 96 persen data yang masuk, Eri Cahyadi-Armuji meraih 57,37 persen suara, sementara pasangan Machfud Arifin-Mujiaman mendapatkan 42,63 persen.

Lembaga lain yang melakukan hitung cepat di Pilkada Kota Surabaya adalah Charta Politika. Dari 61 persen suara yang sudah masuk, pasangan Eri-Armuji meraih 56,02 persen suara, sementara Machfud Arifin-Mujiaman 43,98 persen.

Kemenangan Eri-Armuji ini menunjukkan kuatnya kekuatan politik PDIP di Kota Surabaya. Ditambah lagi Eri-Armuji juga didukung oleh Walikota Surabaya, Tri Rismaharini yang juga kader PDIP.

Baca Juga: Mantu Presiden Jokowi Bobby Afif Nasution Unggul di Pilkada Medan, Menurut Quick Count

Koalisi besar yang dibangun partai-partai pendukung Machfud Arifin-Mujiaman gagal meruntuhkan dominasi PDIP di Kota Surabaya. Machfud Arifin-Mujiaman didukung oleh delapan partai yakni PKB, Golkar, Nasdem, Demokrat, PAN, Gerindra dan PKS. Sedangkan pasangan Eri-Armuji hanya diusung oleh PDIP dan PSI.

Halaman:

Editor: Sunardi Panjaitan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah