Ini Nih Menu Makanan yang Perlu Dihindari Saat Sahur

- 6 April 2022, 01:01 WIB
Nasi Sarden Rice Cooker Ala Chef Devina Hermawan, Resep Sahur Praktis, Rp30 Ribu Kenyang Sekeluarga
Nasi Sarden Rice Cooker Ala Chef Devina Hermawan, Resep Sahur Praktis, Rp30 Ribu Kenyang Sekeluarga /Tangkapan layar/Youtube Devina Hermawan

BERITA SUBANG - Kebanyakan orang berpendapat makanan apa pun bisa dimakan saat sahur sebagai sumber tenaga saat berpuasa. Asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi saat sahur memang berguna sebagai sumber tenaga untuk menjalankan ibadah puasa.

Namun, makan makanan yang salah saat sahur, berisiko membuat puasa terganggu. Misalnya makan sahur dalam jumlah yang terlalu banyak dapat memicu perut begah dan sakit karena kekenyangan.

Lantas jenis makanan apa nih yang sebaiknya dihindari saat sahur?

Melansir dari laman Kementerian Kesehatan, makanan berminyak bikin lebih mudah haus. Contohnya, nasi goreng, ayam goreng, tahu goreng atau pun ikan goreng.

Baca Juga: Begini Risiko Kecanduan Pornografi Bagi Kesehatan Otak

Selain itu, makanan dengan kandungan garam yang tinggi juga memicu timbulnya rasa haus di dalam tubuh. Asupan garam yang terlalu banyak, bisa mengganggu keseimbangan cairan tubuh.

Ketika keseimbangan cairan di dalam sel-sel tubuh terganggu, maka akan jadi lebih cepat merasa haus. Makanan dengan kandungan garam yang tinggi biasanya terdapat pada makanan cepat saji.

Kalaupun ingin mengonsumsi makanan yang digoreng atau ditumis saat sahur, sebaiknya porsinya sedikit saja. Untuk makanan sahur, disarankan mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti oatmeal, roti gandung, nasi merah, sereal dan kentang.

Selain itu, makanan yang mengandung protein. Sebab, protein diperlukan untuk membantu memperbaiki dan membangun jaringan di dalam tubuh.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x