Covid-19 Kembali Mengalami Lonjakan, Begini Tips Bagi Ibu Menyusui yang Positif Terpapar Virus Ini

- 22 Juni 2021, 14:19 WIB
Ilustrasi ibu menyusui.
Ilustrasi ibu menyusui. /Dok. sadkes.net/

BERITA SUBANG - Angka positif Covid-19 kembali mengalami lonjakan. Menurut informasi yang bagikan Kementrian Kesehatan melalui akun Instagram Story @kemenkes_ri, angka positif Covid-19 bertambah sejumlah 14.536 kasus per tanggal 21 Juni 2021.

Jumlah tersebut menggenapkan total kasus Covid-19 di Indonesia berada pada lebih dari 2juta kasus. Dari banyaknya pasien yang positif tentu juga dialami oleh banyak Ibu Menyusui (busui).

Kebingungan dirasakan oleh para ibu tentu dikhawatirkan dapat menularkan Covid-19 kepada buah hati. Namun demikian, bayi yang masih membutuhkan ASI tidak menjadi serta merta mudah menerima makanan pengganti selain ASI.

Menyusui merupakan tugas penting bagi seorang ibu. Kebutuhan anak akan Stem Cells yang terdapat pada ASI, tidak didapatkan dari susu formula atau makanan apapun. Terdapat berjuta-juta fungsi Stem Cell yang berguna bagi penyempurnaan tubuh anak.

Baca Juga: Delta, Varian Ganas Covid-19 Asal India Ditemukan di Karawang dan Depok

Dalam penelitian yang dipaparkan ulang Konselor ASI Citra dalam Instagram @olevlove menjelaskan bahwa ASI mengandung HAMLET (Human Alpha Lactalbumin Made Lethal To Tumor Cells) dimana hal ASI bermanfaat untuk membunuh sel jahat pada tubuh anak salah satunya sel tumor.

Ilustrasi ibu menyusui.
Ilustrasi ibu menyusui.

Berikut ini ringkasan penjelasan mengenai cara busui memberikan ASI saat terpapar Covid-19 bersumber dari @germas_ri:

  1. Jika ibu positif Covid-19 namun menjalani isolasi mandiri dengan kondisi ibu sanggup memberikan ASI secara langsung, maka dianjurkan untuk tetap merawat dan memberikan asupan ASI secara langsung bagi buah hati, dengan tetap melakukan protocol Kesehatan.
  2. Jika ibu positif Covid-19 melakukan isolasi mandiri tapi tidak dapat berinteraksi secara langsung, maka ASI tetap di perah dimasukan pada media botol untuk di berikan pada buah hati. Proses pompa tetap melakukan protocol Kesehatan yang dianjurkan.
  3. Jika ibu positif Covid-19 berada di rumah sakit, maka ibu di usahakan tetap memerah ASI dan menempatkannya pada wadah tertutup yang steril dan aman untuk dapat di antarkan ke tempat keberadaan buah hati.
  4. Dianjurkan bagi ibu menyusui yang terpapar Covid-19 untuk berkonsultasi dengan dokter agar diberikan obat yang aman bagi ibu menyusui, sehingga dokter dapat memberikan resep yang tepat.

Baca Juga: 'Jangan Remehkan Covid' Kata Jody Brotosuseno Pendiri Waroeng Steak, Atlit Sahabatnya Masuk ICU Sampai 1 Bulan

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah