Renungan Harian Katolik, Minggu 17 April 2022: Hari Raya Paskah

- 16 April 2022, 19:35 WIB
Hari Raya Paskah 2022.
Hari Raya Paskah 2022. /Pexels/George Dolgikh @ Giftpundits.com


BERITA SUBANG - Renungan Harian Katolik, Minggu 17 April 2022. Hari Raya Paskah Kebangkitan Tuhan Warna Liturgi Putih. Lengkap  bacaan pertama, Mazmur Tanggapan, bacaan Kedua, Bait Pengantar Injil serta bacaan Injil.

Renungan Harian Katolik Hari Raya Paskah terambil dari:

Bacaan Pertama: Kis. 10:34a,37-43
Mazmur Tanggapan: Mzm. 118:1-2,16ab-17,22-23
Bacaan Kedua: Kol. 3:1-4
Bait Pengantar Injil: 1Kor 5:7b-8a
Bacaan Injil: Yoh. 20:1-9

Berikut Kutipan Renungan Harian Katolik, Hari Raya Paskah 17 April 2022:

Baca Juga: Renungan Harian Katolik, Sabtu Suci 16 April 2022

Baca Juga: Renungan Harian Kristen, Sabtu Suci 16 April 2022: Penghinaan

Halleluya…Kristus Telah Bangkit…

Seruan di atas merupakan suatu ungkapan khas dalam misteri paskah. Paskah merupakan perayaan yang sangat penting bagi umat kristen. Umat kristen percaya bahwa, Yesus setelah menderita sampai wafat di kayu salib, akan dibangkitkan pada hari yang ketiga.

Peristiwa paskah merupakan pembuktian janji Tuhan kepada manusia. Tuhan memberikan pengharapan kepada manusia akan kehidupan kekal melalui misteri kebangkitan Putera-Nya.

Sederhana tapi penuh makna. Paskah: ada pengharapan, ada sukacita, ada pewartaan. Sikap para murid inilah yang perlunya kita rasakan dalam merayakan paskah. Harapan akan keselamatan yang diberikan Yesus kepada kita.

Baca Juga: Cara Daftar Online Mudik Gratis Pemprov DKI Jakarta 2022, Tujuan 17 Kota di Sumatera dan Jawa

Baca Juga: Cek Bansos Kemensos Untuk Penerima Bantuan BPNT April 2022 dan BLT Minyak Goreng Total Rp500 Ribu

Tentunya harapan tersebut disertai dengan rasa sukacita yang mendalam sehingga kabar sukacita ini senantiasa diwartakan. Mari kita pergi diliputi sukacita dan kegembiraan untuk mewartakan kabar sukacita bahwa Yesus Tuhan kita telah bangkit.

Umat Kristen secara khusus memaknai kebangkitan Yesus dari antara orang mati sebagai satu momen terbesar dalam perjalanan iman mereka, sebab misi kedatangan Kristus adalah hendak menebus dosa manusia dari kematian kekal melalui pengorbanannya di kayu salib tersebut.

Beberapa pelajaran yang dapat kita ambil antara lain :

- Keadaan di dunia ini tidak pasti dan semakin bertambah buruk dari waktu ke waktu, sehingga kita sangat membutuhkan Sang Hidup- Yesus Kristus.
- Yesus Kristus memberi teladan sejati tentang berkorban bagi kemanusiaan itu sendiri.
- Hanya ketika kita berpaling kepada Sang Hidup, kita menemukan kebahagiaan sejati.
- Jangan takut. Kematian bukan akhir dari dari perjalanan manusia tetapi justru persiapan untuk kehidupan yang sejati bersama Tuhan.

Baca Juga: Tunjangan Sertifikasi Guru Naik, Berikut 3 Kriteria Penerima TPG 2022

Baca Juga: Asiikk.. Senin 18 April 2022, THR Bagi PNS, TNI, Polri Mulai Cair

Selamat menghayati arti Paskah yaitu kebangkitan Sang Hidup yang membawa pengharapan akan dunia.

Tuhan mengajak kita untuk bangkit dari segala kelemahan dan dosa-dosa kita. Kelemahan, salah dan dosa adalah kubur yang telah menguburkan kita dari karya kasih dan keselamatan yang dibawa oleh Yesus yang bangkit.

Kita harus bangkit dari keegoan kita, dari semangat konsumerisme, hedonisme, keserakahan, ketidak adilan, kebencian, kecemburuan, iri hati dan sebagainya. Itulah kubur yang menutup hati dan hidup kita, dan kita harus bangkit bersama Kristus yang bangkit.

Kita harus mau dan berani untuk meninggalkan dan menanggalkan semuanya itu, agar kita pun bangkit jaya. Kita bangkit menjadi manusia paskah, menjadi manusia baru dengan semangat kebangkitan Tuhan.

Hanya dengan peduli kemanusiaan, dan dengan iman kita pun dibangkitkan bersama Yesus yang bangkit. Itulah paskah kita. Paskah yang membahagiakan dan memberikan harapan baru. Selamat merayakan Paskah, Kristus bangkit, Alleluia.

Terimakasih sudah membaca Renungan Harian Katolik Hari Raya Paskah Minggu 17 April 2022.***




Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x