Varian Covid B1617 di India Sedot Perhatian Global

- 11 Mei 2021, 08:44 WIB
Pria yang mengenakan pakaian pelindung berdiri di samping tubuh kerabat mereka, yang meninggal karena penyakit virus korona (COVID-19), sebelum dikremasi di tempat krematorium di New Delhi, India, 4 Mei 2021.
Pria yang mengenakan pakaian pelindung berdiri di samping tubuh kerabat mereka, yang meninggal karena penyakit virus korona (COVID-19), sebelum dikremasi di tempat krematorium di New Delhi, India, 4 Mei 2021. /REUTERS / Danish Siddiqui

BERITA SUBANG- Varian Covid yakni B1617 yang pertama kali diidentifikasi di India tahun lalu sedang diklasifikasikan sebagai varian yang menjadi perhatian global.

"Kami mengklasifikasikannya sebagai varian yang menjadi perhatian di tingkat global. Ada beberapa informasi yang tersedia untuk menyarankan peningkatan transmisi," ujar Maria Van Kerkhove, kepala teknis WHO Seperti dilaporkan Reuters, Senin 10 Mei 2021.

Kasus infeksi dan kematian virus corona India mendekati rekor tertinggi harian pada Senin 10 Mei 2021. Kondisi itu meningkatkan seruan kepada pemerintah Perdana Menteri Narendra Modi untuk mengarantina negara terpadat kedua di dunia itu.

Baca Juga: Delapan Singa Asia di Kebun Binatang India Diduga Terinfeksi Covid-19

WHO menyatakan garis keturunan utama B1617 pertama kali diidentifikasi di India Desember lalu, meskipun versi sebelumnya terlihat pada Oktober 2020.

Varian Covid-19 telah menyebar ke negara lain, dan banyak negara telah bertindak untuk memutus atau membatasi pergerakan dari India.

Van Kerkhove mengatakan informasi lebih lanjut tentang varian dan tiga garis keturunannya tersedia pada Selasa 11 Mei 2021.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan bahwa Yayasan WHO meluncurkan seruan "Bersama untuk India" guna mengumpulkan dana guna membeli oksigen, obat-obatan dan peralatan pelindung bagi petugas kesehatan.***

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x