Lebih 3 Ribu Orang Meninggal Tiap Hari di India Karena Covid-19

- 30 April 2021, 07:27 WIB
KAsus Covid-19 di India meledak, mayat bergelimpangan membuat para penggali kubur bekerja 24 jam.
KAsus Covid-19 di India meledak, mayat bergelimpangan membuat para penggali kubur bekerja 24 jam. /tangkap layar video Reuters

BERITA SUBANG - Hingga Kamis 29 April 2021, total kasus Covid-19 di India melewati angka 18 juta. Kementerian Kesehatan India memberitakan melaporkan 379.257 infeksi baru dan 3.645 kematian baru pada Kamis. Ini merupakan jumlah kematian tertinggi dalam satu hari sejak dimulainya pandemi.

Rumah sakit dan kamar mayat di India tampak kewalahan dengan membludaknya pasien dan korban yang meninggal.

Seorang penggali kubur Mumbai Sayyed Munir Kamruddin, 52 tahun, mengatakan dia dan rekan-rekannya bekerja tanpa henti untuk menguburkan para korban.

Baca Juga: Jokowi Minta Kepala Daerah Waspadai Lonjakan Penularan Covid-19 Dimasa Idulfitri 2021

“Saya tidak takut dengan Covid-19, saya telah bekerja dengan keberanian. Ini semua tentang keberanian, bukan tentang ketakutan. Ini satu-satunya pekerjaan kami. Mengambil mayatnya, mengeluarkannya dari ambulans, dan kemudian menguburnya," kata dia kepada Reuters, Kamis 29 April 2021.

Setiap hari, ribuan orang India dengan panik mencari tempat tidur rumah sakit dan oksigen penyelamat hidup untuk kerabat yang sakit, menggunakan aplikasi media sosial dan kontak pribadi. Tempat tidur rumah sakit yang tersedia, terutama di unit perawatan intensif (ICU), akan habis dalam beberapa menit.

"Ganasnya gelombang kedua mengejutkan semua orang," jelas K. VijayRaghavan, penasihat ilmiah utama pemerintah, seperti dikutip di surat kabar Indian Express.

Warga India berjuang untuk mendaftar secara online untuk kampanye vaksinasi massal yang akan dimulai pada akhir pekan ketika jumlah korban di negara itu akibat virus corona melonjak melebihi 200.000 pada hari Rabu. Apalagi diperburuk oleh kurangnya tempat tidur di rumah sakit dan oksigen medis.

Baca Juga: Mewakili Asia, Youn Yuh-jung Menjadi Peraih Oscar Pertama Dari Korsel

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x